Enam Fillet Ikan Terfavorit

PinkKorset.com – Kendati memiliki kandungan gizi tinggi, sebagian orang enggan menyantap masakan ikan.

Tidak ada yang menyangkal jika ikan merupakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi. Bahkan kadar gizinya bisa melampui daging ayam dan sapi. Namun, ketenaran ikan berada di bawah masakan daging sapi dan ayam. Selain lebih amis, duri pada ikan perlu dipisahkan dulu sebelum bisa disantap dengan lahap.

Ini alasan mengapa ikan tanpa duri atau biasa disebut fillet ikan lebih banyak digandrungi. Selain mudah diolah, juga lezat di lidah.

Berikut beberapa jenis ikan fillet favorit:

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki tekstur daging yang lembut dan agak kenyal. Ikan ini biasanya diolah sebagai sushi dan sashimi, sehingga sangat jarang melihat ikan salmon dengan durinya. Saat ini, banyak restoran yang menjadikan ikan salmon sebagai menu steak. Kulit salmon biasanya tetap digunakan, untuk menghindari daging ikan tidak hancur saat dipanggang.

Enam Fillet Ikan Terfavorit

  1. Ikan Tuna

Ikan Tuna juga banyak dipakai dalam menu Jepang yakni sushi dan sashimi. Ikan ini lebih padat dan bertekstur ketimbang Salmon. Kendati demikian, paduan fillet Tuna Goreng Tepung dengan segarnya Sambal Matah menjadi favorit bagi sebagian kalangan. Ikan tuna sebenarnya memiliki duri yang lebih besar dibandingkan ikan lainnya, namun ikan laut ini lebih banyak dijual dalam bentuk frozen fillet.

Enam Fillet Ikan Terfavorit

  1. Ikan Dori

Siapa yang tidak kenal dengan Ikan Dori. Dari menu Fish Burger ala Amerika hingga menu Fish and Chips ala Inggris, Ikan Dori menjadi pilihan yang ideal. Tekstur daging ikan dori sangat lembut dan mudah hancur, sehingga sangat disarankan untuk membalut ikan ini dengan tepung sebelum digoreng.

Enam Fillet Ikan Terfavorit

  1. Ikan Gurame

Tidak perlu jauh-jauh mencari masakan gurame fillet. Cukup ke rumah makan Sunda, Anda akan menemukan menu Gurame Goreng Tepung atau Gurame Asam Manis. Masakan ini tentunya menggunakan ikan yang sudah di-fillet. Cara menyajikan masakan ini cukup unik. Setelah digoreng garing dengan tepung, ikan gurame akan disajikan beserta badan ikan lengkap dengan durinya yang masih menempel. Saus asam manis yang segar pun akan disiram di atasnya.

Enam Fillet Ikan Terfavorit

  1. Ikan Kakap

Tidak berbeda jauh dengan ikan kakap, yang biasanya diolah menjadi masakan Kakap Goreng Crispy atau Kakap Asam Manis. Bedanya, masakan ikan kakap fillet disajikan dalam wadah yang lebih kecil, tidak disajikan dengan badan ikan dan durinya. Bila Anda perhatikan, menu Steak Kakap juga ada di beberapa menu restoran steak.

Enam Fillet Ikan Terfavorit

  1. Ikan Tilapia

Fillet Ikan Tilapia kini menjadi menu favorit baru. Ikan ini memiliki tekstur yang lembut, namun tidak mudah hancur seperti Ikan Dori. Sebagai ide masakan, Anda bisa memadukan Tilapia Goreng Tepung dengan Saus Telor Asin (salted egg) yang gurih atau Sambal Matah yang segar.Enam Fillet Ikan Terfavorit

Regal Springs adalah salah satu produsen ikan Tilapia di Indonesia dan dunia yang fokus pada kualitas. Mereka membudidayakan ikan Tilapia di danau di Sumatera Utara dan beberapa waduk air jernih di Jawa Tengah dengan teknik jaring apung, yakni sistem budidaya perikanan air tawar ramah lingkungan.

Dengan pakan terapung berbahan dasar tumbuhan yang bebas antibiotik, hormon pertumbuhan dan bahan pengawet, serta pengolahan yang steril dan higienis, produk Tilapia yang sampai ke tangan konsumen adalah produk ikan berkualitas premium, bernutrisi tinggi, bebas bau tanah dan memiliki tekstur terbaik. Ini artinya ikan tidak mudah hancur saat diolah dan cocok dijadikan berbagai jenis masakan.