Enam Fillet Ikan Terfavorit

PinkKorset.com – Kendati memiliki kandungan gizi tinggi, sebagian orang enggan menyantap masakan ikan.

Tidak ada yang menyangkal jika ikan merupakan bahan makanan yang memiliki gizi tinggi. Bahkan kadar gizinya bisa melampui daging ayam dan sapi. Namun, ketenaran ikan berada di bawah masakan daging sapi dan ayam. Selain lebih amis, duri pada ikan perlu dipisahkan dulu sebelum bisa disantap dengan lahap.

Ini alasan mengapa ikan tanpa duri atau biasa disebut fillet ikan lebih banyak digandrungi. Selain mudah diolah, juga lezat di lidah.

Berikut beberapa jenis ikan fillet favorit:

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki tekstur daging yang lembut dan agak kenyal. Ikan ini biasanya diolah sebagai sushi dan sashimi, sehingga sangat jarang melihat ikan salmon dengan durinya. Saat ini, banyak restoran yang menjadikan ikan salmon sebagai menu steak. Kulit salmon biasanya tetap digunakan, untuk menghindari daging ikan tidak hancur saat dipanggang.

Image result for sushi salmon

  1. Ikan Tuna

Ikan Tuna juga banyak dipakai dalam menu Jepang yakni sushi dan sashimi. Ikan ini lebih padat dan bertekstur ketimbang Salmon. Kendati demikian, paduan fillet Tuna Goreng Tepung dengan segarnya Sambal Matah menjadi favorit bagi sebagian kalangan. Ikan tuna sebenarnya memiliki duri yang lebih besar dibandingkan ikan lainnya, namun ikan laut ini lebih banyak dijual dalam bentuk frozen fillet.

5 Menu Olahan Tuna yang Praktis dan Gampang Bikinnya. Biar Nggak ...

  1. Ikan Dori

Siapa yang tidak kenal dengan Ikan Dori. Dari menu Fish Burger ala Amerika hingga menu Fish and Chips ala Inggris, Ikan Dori menjadi pilihan yang ideal. Tekstur daging ikan dori sangat lembut dan mudah hancur, sehingga sangat disarankan untuk membalut ikan ini dengan tepung sebelum digoreng.

Image result for fish and chips dori

  1. Ikan Gurame

Tidak perlu jauh-jauh mencari masakan gurame fillet. Cukup ke rumah makan Sunda, Anda akan menemukan menu Gurame Goreng Tepung atau Gurame Asam Manis. Masakan ini tentunya menggunakan ikan yang sudah di-fillet. Cara menyajikan masakan ini cukup unik. Setelah digoreng garing dengan tepung, ikan gurame akan disajikan beserta badan ikan lengkap dengan durinya yang masih menempel. Saus asam manis yang segar pun akan disiram di atasnya.

Image result for gurame goreng tepung

  1. Ikan Kakap

Tidak berbeda jauh dengan ikan kakap, yang biasanya diolah menjadi masakan Kakap Goreng Crispy atau Kakap Asam Manis. Bedanya, masakan ikan kakap fillet disajikan dalam wadah yang lebih kecil, tidak disajikan dengan badan ikan dan durinya. Bila Anda perhatikan, menu Steak Kakap juga ada di beberapa menu restoran steak.

Image result for steak kakap

  1. Ikan Tilapia

Fillet Ikan Tilapia kini menjadi menu favorit baru. Ikan ini memiliki tekstur yang lembut, namun tidak mudah hancur seperti Ikan Dori. Sebagai ide masakan, Anda bisa memadukan Tilapia Goreng Tepung dengan Saus Telor Asin (salted egg) yang gurih atau Sambal Matah yang segar.