Khitan di Rumah, Mengapa Tidak?

PinkKorset.com – Ketika anak-anak diwajibkan untuk belajar dari rumah di tengah pandemi virus Corona, tidak sedikit orang tua yang mengkhitan buah hatinya.

Pilihan untuk sunat di rumah pun menjadi pilihan ideal. Selain meminimalisir risiko karena adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, sunat di rumah juga memudahkan. Hal ini karena pasien tidak harus beranjak ke mana-mana, baik sebelum atau setelah tindakan khitan. Pasien juga akan lebih nyaman karena berada di rumahnya sendiri.

Salah satu klinik yang menawarkan sunat di rumah adalah Rumah Sunat dr. Mahdian. Rumah sunat ini hanya menangani pasien khitan, jadi relatif lebih minim risiko daripada klinik kesehatan yang menangani pasien dengan berbagai keluhan penyakit.

Kendati dilakukan di rumah, semua prosedur tetap dilakukan sesuai ketentuan medis. “Tim dari Rumah Sunat dr.Mahdian akan membawa semua persiapan yang diperlukan beserta dokter dan perawat, serta perlengkapan alat pelindung diri (APD) sesuai standar medis,” kata Head of Product Marketing & Sales Rumah Sunat dr Mahdian, Tien Winarko, dalam acara webinar di Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Metode sunat yang bisa dipilih adalah sunat modern menggunakan teknik Mahdian Klem yang diklaim lebih minim risiko dibanding cara tradisional dan konvensional. “Metode modern ini melindungi dari infeksi silang karena alatnya sekali pakai. Prosesnya juga relatif singkat dan proses penyembuhannya cepat,” katanya.

Selain penggunaan klem, saat ini juga telah dipakai metode sunat tanpa suntik. “Dengan kombinasi teknologi modern ini, anak diharapkan tidak akan menjadi trauma setelah disunat,” katanya.

Berikut beberapa keunggulan sunat di rumah;

  1. Tanpa antre, hemat waktu, privasi lebih terjamin
  2. Dokter yang tentunya sangat berpengalaman dan tenaga perawat yg terlatih serta dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat melakukan tindakan
  3. Sunat tanpa jarum suntik dan alat cirsumcision kit sekali pakai. Menggunakan mahdian klem yang sudah mendapat ijin edar dan salah satu karya anak bangsa yang direkomendasikan WHO
  4. Lebih aman, nyaman dan langsung bisa beraktivitas
  5. Pasien mendapatkan 1 set lengkap perawatan pascasunat
  6. Emergency call 24 jam.

Sebagai pusat pelayanan khitan, Rumah Sunat dr. Mahdian memberikan layanan khitan untuk segala usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Adapun biaya sunat untuk anak-anak sekitar Rp3.2 juta.

Saat ini, Rumah Sunat dr. Mahdian ditawarkan dalam sistem kemitraan dan telah tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia dan telah memiliki 49 cabang. Pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan Kimia Farma.

“Target kami pada 2020 ini, Klinik Sunat dr. Mahdian akan menambah 100 jaringan lagi yang berlokasi di setiap gerai Kimia Farma,” tuturnya.