Agoda Lakukan Aksi Bersih Pantai Kuta

PinkKorset.com – Pantai dan perairan yang tercemar adalah kekhawatiran terbesar kedua terkait dampak pariwisata terhadap lingkungan, menurut Survei Sustainable Travel Trends 2021 Agoda.

Walaupun disebut sebagai kekhawatiran nomor dua akibat pariwisata, memungut sampah di pantai hanya menempati posisi #8 dari 10 komitmen untuk berwisata lebih berkelanjutan, dengan hanya 18% responden yang memilihnya.

Indonesia, seperti Vietnam, Thailand, Filipina dan China adalah negara-negara teratas yang berkomitmen untuk memungut sampah saat mengunjungi pantai. Sedangkan Singapura, Taiwan dan Jepang adalah yang paling sedikit kemungkinannya untuk melakukan hal ini.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana dan mengapa melakukan perjalanan secara lebih berkelanjutan,  sebanyak 200 peserta termasuk 50 orang relawan Agoda, serta 100 partner hotel Agoda ambil bagian untuk membersihkan Pantai Kuta di Bali pada tanggal 29 Oktober kemarin.

Pantai Kuta merupakan destinasi populer di Indonesia. Namun, selama musim penghujan jumlah sampah terus menumpuk karena air laut yang pasang membawa berbagai sampah dari tengah laut atau darat. Sampah-sampah ini kebanyakan tidak ramah lingkungan dan berbahaya bagi biota laut.

Bermodalkan sarung tangan dan semangat kebersamaan, karyawan Agoda dan partner akomodasi menyingsingkan lengan baju mereka untuk memungut berkantong-kantong sampah yang berserakan di Pantai Kuta, tepatnya di kawasan Legian. Mereka melakukan yang terbaik bagi lingkungan dengan membersihkan sampah pantai.

“Berkontribusi kepada masyarakat adalah bagian dari budaya Agoda. Kami mendorong karyawan kami untuk mengambil hari libur dan menjadi relawan untuk tujuan yang mereka yakini dan mendukung komunitas di mana kami bekerja. Hari ini relawan Agoda bangga bisa bekerja bersama dengan partner hotel kami untuk berkontribusi pada masyarakat lokal di Bali dan menjadi bagian dari perubahan, membantu melindungi pantai, saat kami secara bertahap membuka pariwisata, dan dengan demikian berkontribusi pada pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung pantai,” kata Gede Gunawan, Senior Country Director, Indonesia, Agoda.

Inisiatif bersih pantai di Bali adalah yang ketiga dari rangkaian kegiatan bersih pantai #MyPledge global Agoda, setelah dua kegiatan sebelumnya dilakukan di Singapura dan Phuket, Thailand masing-masing pada bulan Agustus dan September. Agoda akan terus menjalankan kegiatan yang melibatkan karyawan seperti ini di negara-negara lain di dunia, termasuk Hong Kong dan Bangkok hingga akhir tahun ini.

Sebagai bagian dari kampanye #MyPledge, Agoda bekerja sama dengan para influencer di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk meningkatkan kesadaran akan dampak pariwisata terhadap lingkungan dan mengajak masyarakat untuk berbagi komitmen tentang langkah-langkah sederhana yang mereka janjikan untuk bepergian secara berkelanjutan di masa depan.

Kegiatan bersih pantai ini didukung oleh komunitas Legian serta komunitas pariwisata seperti Agoda Hotels Partners, Bali Hotels Association, Indonesian Hotels General Manager Associations (Bali), Bali Sales & Marketing Community, dan Nawacita Pariwisata Indonesia (Bali).in