Peringati Hari AIDS dengan Putus Mata Rantai HIV [DKT Indonesia]

Peringati Hari AIDS dengan Putus Mata Rantai HIV

PinkKorset.com – Angka pertambahan kasus HIV di Indonesia masih tinggi, dengan temuan kasus baru sebanyak 17.397 orang pada Januari – Juni 2021. Di tengah pandemi, ada pentingnya untuk menyoroti kasus ini dengan upaya untuk memutus mata rantai penularan HIV.

Selain jumlah kasus baru yang cukup mencengangkan tersebut, sebanyak 69,9% dari kasus HIV baru tersebut menginfeksi masyarakat usia subur (25-49 tahun). Tingginya angka pertambahan kasus HIV tersebut menyadarkan kita bahwa PR untuk mewujudkan ending 2030 zero AIDS masih berat.

Dua langkah utama yang perlu dilakukan dengan segera adalah peningkatan akses terhadap obat antiretroviral (ARV) dan penggunaan kondon. Salah satu organisasi yang terdepan dalam pencegahan HIV-AIDS dan Keluarga Berencana di Indonesia adalah DKT Indonesia, yang juga membawarhi merek alat kontrasepsi Sutra, Fiesta, Supreme, dan Andalan Kontrasepsi.

Edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya upaya pencegahan HIV dan Infeksi Menular Seksual, merupakan upaya yang tidak berhenti mereka lakukan. Seperti dipaparkan oleh David Dwi Santoso, Brand Manager Fiesta Condoms.

Tentunya di Hari AIDS Sedunia yang diperingati pada 1 Desember, tahun ini DKT Indonesia mempersembahkan berbagai macam rangkaian aktivitas untuk mengedukasi masyarakat. Mereka fokus pada dua hal, yaitu edukasi secara digital melalui webinar untuk menjangkau populasi kunci dan juga peningkatan kesadaran via aktivitas di social media pada digital media platform mereka, Halo DKT.

Selain memberikan harga kondom Fiesta kemasan baru sebesar Rp100 untuk setiap pembelian di Sutra, Fiesta, Andalan Official Shop di Shopee, Tokopedia dan Lazada, juga akan ada kampanye offline.

“Akan ada konvoi ojek online untuk mengkampanyekan pesan One Love, One Live, Stay Safe, Stay Alive yang akan keliling Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Bali, Medan dan sekitarnya,” lanjut David.