Menentang Pendekatan ‘One Size Fits All’ [sammobile]

Menentang Pendekatan ‘One Size Fits All’

Penulis adalah TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics

Menentang Pendekatan 'One Size Fits All'

Sejak masih muda, saya terpikat oleh teknik dan teknologi, terpesona oleh berbagai gadget baru dan ingin tahu tentang apa yang membuatnya bekerja. Saya tidak dapat membayangkan bahwa saya bisa sangat terobsesi dengan teknologi, tetapi tahun 2020 membuktikan bahwa saya salah.

Tahun ini memberi saya apresiasi yang lebih besar untuk semua yang dilakukan dan berpotensi untuk dilakukan. Kita harus mengubah hidup, memikirkan kembali cara melakukan banyak hal dan menjadi lebih fleksibel dan teknologi memungkinkan kita untuk melakukannya. Tahun 2020 memperkuat tekad saya untuk memanfaatkan sepenuhnya kekuatan dan potensi teknologi yang tak terbatas untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi kepada orang banyak untuk dapat memperkaya hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri.

Saat kita mengakhiri tahun ini, lalu saya berpikir tentang apa yang akan datang di tahun 2021, saya merasa terdorong dengan semua cara Samsung mengembangkan kolaborasi terbuka dan mendorong inovasi ke depan untuk memberdayakan orang dalam perjalanan pribadi mereka. Kami tidak percaya pada pengalaman seluler satu ukuran untuk semua dan kami tidak akan pernah percaya hal ini. Kami memimpin dengan kemampuan 5G dan mengubah bentuk masa depan dengan serangkaian smartphone yang dapat dilipat. Sekarang, kami sedang mengerjakan kemajuan revolusioner dalam 5G, Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang akan mendefinisikan ulang parameter dari apa yang dapat dilakukan smartphone yang dapat memberi konsumen kebebasan untuk menyesuaikan pengalaman mobile mereka agar sesuai dengan kehidupan mereka dan bukan sebaliknya.

Highlights 2020

Tahun ini, Samsung tetap setia pada misinya dan membangun hal baru untuk teknologi penting yang akan membentuk era inovasi seluler berikutnya. Visi kami tentang perangkat yang cerdas dan terhubung dengan ponsel sebagai pusatnya telah menjadi kenyataan. Pada tahun 2020, kami melihat bahwa teknologi 5G yang telah dirintis Samsung selama lebih dari satu dekade telah menjadi pusat perhatian. Selama 10 tahun terakhir, Samsung meletakkan dasar untuk teknologi seluler generasi kelima dengan membantu membangun infrastruktur 5G secara global. Dan pada tahun 2019, kami merilis smartphone dan tablet 5G komersial pertama di dunia: Galaxy S10 5G dan Galaxy Tab S6 5G. Samsung telah mendorong untuk mendemokratisasi 5G sejak itu. Kami menutup tahun dengan berhasil meluncurkan dua puluh perangkat 5G di ekosistem Galaxy.

Ada juga momentum yang berkembang di balik smartphone lipat, kategori yang kami luncurkan secara komersial dengan Galaxy Fold pada tahun 2019 dan dimajukan dengan peluncuran Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold2 pada tahun 2020. Melalui kemitraan kami yang telah lama memimpin industri, kami membangun ekosistem terbuka untuk perangkat yang dapat dilipat dan mendorong inovasi UX yang memungkinkan kami menciptakan pengalaman pengguna yang disempurnakan dengan tampilan dan interaksi aplikasi yang dioptimalkan. Z Fold2 dipuji sebagai ponsel cerdas yang menata kembali apa yang mungkin dilakukan dengan teknologi seluler dan saya dengan senang hati mengatakan, ini hanyalah petunjuk awal tentang apa yang akan datang dan kami akan terus menjelajahi, mengembangkan, dan memperluas kategori baru ini.

Kami juga membuat kemajuan dalam upaya kami membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan lebih berkelanjutan. Bekerja sama dengan United Nations Development Program (UNDP), kami mempromosikan 17 Sustainable Development Goals di lebih dari 80 juta ponsel cerdas, yang memobilisasi dan memberdayakan komunitas Galaxy melalui aplikasi Samsung Global Goals. Dan kami terus melakukan hal yang khusus pada siklus produk kami untuk membantu transisi dunia ke perputaran ekonomi – dengan memperpanjang umur produk, lebih memanfaatkan bahan berkelanjutan dalam kemasan kami, dan menciptakan produk serta aksesori yang sadar lingkungan.

Inovasi Seluler yang Patut Dilihat di 2021

Saya sangat senang dengan pencapaian Samsung tahun ini, tetapi sebagai pelopor yang bersemangat dalam berkomitmen menentang berbagai hambatan untuk maju, kami selalu memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Ponsel cerdas kami benar-benar menjadi ekstensi dari diri kami sendiri, dan dengan begitu banyak orang yang bekerja dari jarak jauh dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menghibur diri sendiri di rumah, kualitas dan kemampuan video di perangkat seluler telah menjadi lebih baik.

Dari bekerja jarak jauh dan perayaan virtual hingga permainan dan tantangan menari online, dunia membuat, berbagi, dan menyediakan lebih banyak video dari sebelumnya. Apakah Anda lebih suka mengedit footage seperti seorang profesional atau hanya menginginkan lensa multitasking yang cerdas untuk melakukan pekerjaan berat untuk Anda, Samsung Galaxy akan lebih dari siap untuk memenuhi tuntutan para pecinta video di tahun 2021. Dalam hal kemajuan dalam bidang ini, tahun ini akan menjadi tahun baru yang hebat.

Insinyur dan pengembang kami juga telah bekerja keras untuk memperluas kemampuan AI pada perangkat yang sangat canggih dalam rangkaian Galaxy, memungkinkan perangkat kami untuk terus belajar dari aktivitas dan rutinitas sehari-hari untuk mengambil gambar dan video yang lebih baik, memaksimalkan masa pakai baterai dan ruang penyimpanan, mengoptimalkan tampilan dan masih banyak lagi. Kami berencana untuk memperluas kemampuan yang dipersonalisasi ini ke setiap aspek portofolio produk Galaxy untuk memberdayakan orang agar produktif dan melakukan semua hal yang mereka sukai.

Dan karena kita hidup di dunia yang saling terhubung yang juga membutuhkan perangkat yang saling terhubung, Samsung terus mendukung penelitian dan kolaborasi secara terbuka dengan penuh semangat. Begitulah cara kami mengembangkan kemampuan baru yang dapat diterapkan di seluruh perangkat, aplikasi, dan layanan untuk memungkinkan lebih banyak orang mendapatkan manfaat dari semua teknologi yang ditawarkan. Berkat adanya ekosistem terbuka yang kami buat serta jalinan kerja sama dengan para pemimpin industri yang memiliki satu visi, kami mengembangkan inovasi yang terhubung dan kompatibel yang akan membawa kita ke era baru yang menarik dalam pengalaman seluler terintegrasi.

Kami telah mengembangkan teknologi terobosan canggih seperti ultra-wideband (UWB) melalui kolaborasi terbuka yang berkelanjutan dengan mitra utama. Dan selanjutnya, kami akan meluncurkan kemampuan konektivitas luar biasa yang akan mengubah cara Anda membuka pintu dan memungkinkan pengalaman kendaraan seperti mobil yang terintegrasi tanpa hambatan yang menjadikan konektivitas mobil pribadi sebagai bagian dari kehidupan digital Anda. Kami juga mempermudah pengguna untuk menemukan hal-hal yang paling penting dengan cepat, mulai dari kunci hingga dompet, bahkan hewan peliharaan keluarga Anda.

Saat kami memperkenalkan inovasi baru dan menarik, tujuan nomor satu kami adalah dan akan selalu menciptakan pengalaman yang dapat dipercaya orang, mengetahui kami akan memperlakukan data mereka dengan sangat hati-hati dan menjaga keamanan informasi pribadi mereka di setiap langkah. Perangkat baru ini akan menawarkan pengalaman seluler pribadi yang luar biasa dan akan dibuat dengan mengutamakan keamanan dan privasi.

Janji Samsung

Kami yakin setiap orang harus memiliki akses ke teknologi seluler terbaru dan gambaran produk pilihan yang menawarkan pengalaman pribadi yang tidak terbatas. Pada tahun 2021, portofolio produk kami yang beragam akan memberikan kemampuan terobosan yang dapat memberdayakan Anda dan tidak pernah menghalangi Anda.

Sesuai dengan warisan kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam teknologi seluler yang inovatif, kami akan memperluas portofolio produk lipat kami, sehingga kategori inovatif ini lebih dapat diakses oleh semua orang. Dan meskipun kami sudah dikenal dengan kamera revolusioner kami, kami tidak akan pernah berhenti berusaha untuk mengalahkan diri kami sendiri, jadi waspadalah terhadap kemampuan kamera dan video kelas profesional yang super cerdas di tahun 2021. Kami juga telah memperhatikan aspek yang disukai orang-orang dari pengalaman Galaxy Note dan kami bersemangat untuk menambahkan beberapa fitur yang paling disukai ke perangkat lain di jajaran kami.

Keterbatasan dan batasan adalah hal untuk merek lain. Di Samsung, kami tanpa henti menguji aturan yang ada karena kami tahu batas dari apa yang dapat dilakukan teknologi, yaitu hanya dibatasi oleh ruang lingkup imajinasi kami dan kami tidak mengenal batas.

Terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung kami di tahun 2020. Saya berharap dapat berbagi lebih banyak lagi di bulan Januari!