8 Destinasi Terpopuler untuk Rayakan Tahun Macan

PinkKorset.com – Perayaan Imlek menjelang. Momen penuh kehangatan ini pun banyak dimanfaatkan untuk berkumpul ataupun bepergian bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Lalu, kemana wisatawan pergi untuk merayakan Tahun Macan?

Menurut data booking platform perjalanan digital Agoda, di seluruh kawasan Asia, kota metropolitan dan ibukota menjadi pilihan utama destinasi.  Misalkan saja Shanghai yang menempati urutan pertama destinasi yang dituju warga China untuk merayakan Imlek. Demikian juga Tokyo untuk Jepang, Kuala Lumpur untuk Malaysia, Manila untuk Filipina, serta Bangkok untuk Thailand.

Sementara di negara lain, destinasi wisata klasik menjadi pilihan utama wisatawan, termasuk Bali yang masih menjadi favorit untuk wisatawan asal Indonesia, lalu Pulau Jeju yang paling diminati orang Korea, Taichung bagi warga Taiwan dan Pulau Phu Quoc menempati urutan pertama destinasi yang dituju wisatawan Vietnam saat Imlek.

Agoda melihat tren destinasi yang muncul di berbagai negara, terutama karena wisatawan terus melakukan perjalanan domestik dan menjelajahi ‘halaman’ mereka sendiri.

Destinasi baru dalam daftar delapan tujuan paling populer tahun ini adalah Berastagi (#6 Indonesia) dan Hongcheon-gun (#5 Korea) yang sama-sama memikat karena alamnya yang indah. Kemudian Nantou dengan pemandangan gunung dan danau yang menakjubkan ada di urutan ke-8 dalam daftar Taiwan. Kota pantai Quy Nhon (Binh Dinh) juga melengkapi daftar delapan destinasi teratas Vietnam. Di Malaysia, Kota tepi pantai Kinabalu masuk peringkat 7 dan Johor Baru, pintu gerbang ke Malaysia, ada di posisi ke-8.

Bali terlihat berada di peringkat utama, menggantikan jawara tahun lalu, yaitu Bandung. Sedangkan Berastagi dan Pulau Batam berhasil masuk ke dalam daftar delapan besar, menyingkirkan Surabaya dan Bogor.

Delapan destinasi terpopuler per negara untuk Tahun Baru Imlek 2022 

Bagaimana soal akomodasi atau penginapan?

Untuk urusan menginap, wisatawan dari China, Malaysia dan Vietnam tetap memilih akomodasi berbintang 4-5, baru kemudian akomodasi bintang 1 – 3,5 dan non-hotel. Sedangkan wisatawan asal Korea dan Thailand meningkatkan pilihan inap mereka tahun ini ke akomodasi yang lebih mewah (bintang 4-5). Bagaimana soal akomodasi atau penginapan?

Berbeda dengan wisatawan dari Jepang dan Taiwan yang lebih memilih akomodasi terjangkau (bintang 1 – 3,5). Sementara wisatawan Indonesia tahun ini mengalami pergeseran dari akomodasi bintang 4 – 5 ke bintang 1 – 3,5.

Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri namun khawatir dengan aturan pembatasan dan karantina di negara tersebut, Agoda kini menyediakan laman www.agoda.com/traveladvisor, dimana para wisatawan bisa mengetahui informasi terkini mengenai aturan pembatasan dan karantina.