September, Samsung Bangun Pabrik di RI [sammobile]

September, Samsung Bangun Pabrik di RI

PinkKorset.com, Jakarta – Samsung tampaknya serius berinvestasi di Indonesia. September mendatang, perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan ini akan mengawali langkahnya.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, dalam waktu dekat, Samsung akan membangun pabrik di wilayak sekitar DKI Jakarta. “Kalau boleh saya sampaikan, tadinya Samsung minta enggak diekspos dulu, tapi prinsipnya dia mulai bangun secara bertahap, mulai bulan September ini,” ujarnya di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Menurutnya, Samsung akan membangun pabrik baru equipment atau peralatan untuk ponsel. Walaupun menurut informasi dari BKPM, Samsung membangun pabrik eksisting. “Dia bikin pabrik baru. Yang lama kan action break. Itu adalah tahap pertama mereka untuk membangun pabrik besarnya, karena dia ingin mengantisipasi lonjakan market yang besar yang datang dari Indonesia. Demand yang terbesar di ASEAN itu dari Indonesia,” paparnya.

Pembangunan pabrik tersebut akan dimulai pada September, dan dilakukan secara bertahap. Pihak Samsung mengeluarkan investasi awal sebesar US$20 juta atau setara Rp233 miliar untuk pembangunan pabrik tersebut.

Pihak Samsung pun memilih wilayah Jakarta ketimbang wilayah luar Pulau Jawa untuk pembangunan pabriknya, meski MS Hidayat telah mengajak perwakilan Samsung untuk melihat lokasi pembangunan pabrik di luar Pulau Jawa. “Saya mengajak mereka di luar Jawa tapi mereka berkeinginan di sini (Jakarta),” katanya.