Didik Anak Sejak Dalam Kandungan [forallmomkindblog]

Didik Anak Sejak Dalam Kandungan

PinkKorset.com, Jakarta – Tak ada usia yang terlalu dini untuk belajar. Mendidik anak pun bisa dilakukan sejak ia masih janin dalam kandungan.

Saat dalam kandungan, janin sudah mampu berinteraksi dengan dunia luar. Salah satu interaksi yang bisa Anda lakukan dengan si jabang bayi adalah mendidiknya.

Misal ketika usia kandungan trimester pertama, ibu hamil (bumil) bisa mengajak bicara si janin. Sambil mengusap perut, cerita hal-hal yang menyenangkan.

“Apa yang dirasakan bumil, juga dapat dirasakan bayi dalam kandungannya,” kata Carmelie Riyadhini, psikolog sekaligus co-founder Rumah Dandelion saat Kelas Edukasi Ibu Hamil & Parenting bersama GabaG Indonesia di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Bayi dalam kandungan juga bisa merasakan emosi sang ibu. Sebaiknya, bumil menghindari stres atau sedih berlebihan, agar tak berdampak buruk bagi si bayi.

Memasuki masa hamil besar, bayi dapat diajak berinteraksi dengan menggunakan cahaya Anda bisa menggunakan sinar yang berasal dari lampu senter atau semacamnya di permukaan perut.

Bercerita, bernyanyi, dan membacakan doa pada bayi juga bisa dilakukan bumil. Ini akan meningkatkan kualitas rangsangan otak janin dan merupakan pembelajaran bagi si kecil dalam kandungan.

“Menuju fase bersalin, bumil dapat mengungkapkan keinginannya pada sang bayi. Misal, pernyataan agar si jabang bayi keluar dengan lancar dan banyak lainnya,” ungkap Carmelia.

Author: Lisna Setiani