Haruskah Selalu Menjadi Orangtua Baik? [getkidsinternetsafe]

Haruskah Selalu Menjadi Orangtua Baik?

PinkKorset.com – Setiap orangtua pasti berusaha melakukan yang terbaik demi anak-anaknya. Namun ternyata, Anda tak harus selalu menjadi orangtua yang baik. Mengapa?

Menurut sebuah riset yang dimuat jurnal Health Psychology, menjadi orangtua yang baik ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Ironis?

Memang, ikatan orangtua-anak akan semakin erat jika Anda berusaha menjadi sosok yang empati dan berusaha berhubungan dengan mereka secara emosional.

Namun lama kelamaan, mempraktikkan empati malah mempengaruhi kesehatan psikologis dan kesejahteraan orangtua secara keseluruhan.

Studi ini menemukan korelasi antara empati orangtua dengan peradangan sel tingkat rendah serta kenaikan produksi hormon stres.

“Ini terjadi karena saat berempati, kita mengesampingkan perasaan sendiri dan fokus pada apa yang orang lain rasakan,” demikian studi ini.

Bahkan, orangtua yang berempati terhadap anak cenderung mengorbankan kesehatannya sendiri demi anak-anak. Melupakan tidur atau aktivitas lainnya yang mengurangi stres.

Penulis utama studi ini, Erika M. Manczak dari Northwestern University mengatakan, ini bukan berarti Anda cuek dan bersikap dingin terhadap anak.

Manczak yang seorang psikolog ini menyarankan orangtua untuk tidur cukup, berolahraga teratur, dan mengurangi stres.

“Ini tidak membuat Anda jadi orangtua egois. Hal-hal ini justru penting bagi kesehatan fisik dan mental para orangtua,” tulisnya.