5 Alternatif Fast Food Sehat

PinkKorset.com, Jakarta – Bila  Anda merasa sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal pada fast food, jangan khawatir waktu Anda akan banyak tersita hanya untuk menyiapkan makanan. 

Pasalnya, masih ada beberapa alternatif makanan yang bisa segera diperoleh atau penyajiannya cukup cepat , namun tentunya lebih sehat. Berikut beberapa pilihan makanan tersebut.

 

Berburu makanan jadi di supermarket

Supermarket biasanya berada di satu area dengan restoran fast food. Jadi, ketimbang masuk ke antrian drive-through fast food, Anda bisa pergi ke supermarket menuju area makanan jadi. Disini, Anda bisa menemukan makanan yang bisa langsung dimakan, seperti salad sayur, salad buah dan salmon panggang.  Pilihan sehat lainnya yang tidak memerlukan persiapan adalah wortel, kacang-kacangan dan pisang.

5 Alternatif Fast Food Sehat

Makanan jadi yang sehat banyak tersedia di supermarket (foto: farm3.staticflickr, epower.core-mark)

Fast Casual

Konsep fast casual adalah mendapatkan makanan segar lebih cepat dengan harga terjangkau. Banyak restoran yang kini melayani pesanan makanan ala rumahan, dengan bahan-bahan dari resep sehat.  Anda sebaiknya cari tahu dulu kandungan nutrisinya.

Misalnya untuk masakan ayam, biasanya  terbuat dari ayam bebas hormon dan antibiotik, menggunakan rice bran oil (minyak goreng hasil ekstrak bekatul padi, dengan kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi), air, rempah jinten, paprika chipotle, bawang putih, lada hitam, oregano dan garam, bahkan minyak kedelai.

5 Alternatif Fast Food Sehat

Makanan rumahan dari bahan-bahan serba sehat

Bawa bekal

Jika Anda cenderung terjebak dengan pilihan makanan fast food, cobalah meramu salad untuk makan siang yang kreatif dan praktis. Misalnya, campur beberapa macam sayuran, seperti bawang merah cincang, grape tomatoes (tomat kecil dengan rasa manis), daun bayam, beberapa iris jamur dan sesendok kacang garbanzo yang memiliki karbohidrat tinggi dan quinoa (biji-bijian protein tinggi yang sangat mudah dicerna). Masukkan cuka dan minyak zaitun, taburi dengan ramuan bumbu Italia, aduk selama 5 menit dan nikmati salad sehat Anda.

5 Alternatif Fast Food Sehat

Meramu salad sehat dan praktis untuk makan siang (foto:fitnea)

Siapkan smoothies (minuman bernutrisi tinggi)

Smoothies tidak hanya dikonsumsi untuk sarapan. Anda bisa siapkan untuk bekal, dan makan siang Anda akan terhindar produk olahan. Demi memenuhi keseimbangan gizi namun perut tetap kenyang, tambahkan kombinasi karbohidrat baik, lemak baik, dan protein tanpa lemak.

Ambil beberapa sayuran hijau dan buah beku, skim organik atau susu almond dan sesendok bubuk protein dari tumbuhan, seperti mentega almond, protein kacang dan sereal gandum.

Untuk memperkuat aroma, rasa dan menambah beberapa dosis antioksidan, modifikasi smoothie Anda dengan rempah-rempah, seperti jahe atau kayu manis.  Agar lebih praktis, siapkan beberapa porsi smoothie dan bekukan dalam lemari es. Anda tinggal keluarkan dari lemari es hingga sedikit mencair, sebelum menyantapnya.

5 Alternatif Fast Food Sehat

smoothies bisa dibekukan di lemari es untuk disantap kapan saja

Buat makanan yang bisa dipanaskan

Tidak banyak orang yang punya waktu memasak di hari kerja. Untuk menahan godaan membeli fast food, Anda bisa membuat makan malam beku buatan sendiri, yang dapat dipanaskan bila diperlukan, seperti chilli, sup dan paprika isi (stuffed peppers).

Semur sederhana juga merupakan pilihan yang baik. Untuk satu porsi, Anda bisa tumis beberapa macam sayuran dalam sedikit minyak zaitun, dengan bumbu dan bawang putih cincang. Tambahkan kaldu sayuran organik rendah sodium, didihkan cepat, kemudian kurangi air rebusan.

Tambahkan sedikit potongan ubi jalar panggang atau wild rice (jenis padi yang sangat sehat) dan protein tanpa lemak yang sudah matang, seperti potongan dada ayam, kacang, atau kalkun tanpa lemak. Masukkan dalam wadah dan simpan di lemari es. Bila membutuhkannya, Anda tinggal panaskan dan makanan Anda akan segera siap.

5 Alternatif Fast Food Sehat

Semur, chilli dan paprika isi (stuffed peppers)