Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif Foto: fitsugar.com

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

PinkKorset.com, Jakarta – Sesibuk apapun, jangan sampai anda melewatkan olah raga. Ada beberapa latihan mudah yang bisa anda selipkan diantara kesibukan sehari-hari.

Seringkali perempuan aktif tak menyadari bahwa tubuh sehat dan bugar sangat dibutuhkan. Tak ada waktu dijadikan alasan utama bagi para perempuan sibuk untuk melewatkan berolahraga. Padahal, anda sebenarnya tak perlu repot-repot soal waktu ataupun peralatannya.

Pete McCall, psikolog dan personal trainer di San Diego diminta majalah Glamour membuat  gerakan-gerakan untuk latihan yang bisa anda lakukan selama 10 menit untuk tetap sehat dan bugar tanpa  peralatan yang merepotkan anda.

Cukup 60 detik untuk melakukan tiap gerakan dan waktu istirahat sebanyak 30 detik sebelum melanjutkan ke  gerakan yang baru. Berikut langkah-langkahnya.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 1 (Foto: Glamour)

Step 1

Gerakan yang dinamakan squat ini dilakukan dengan melebarkan kedua kaki sejajar dengan bahu. Kemudian tekuk lutut dan buat posisi seperti hendak duduk, namun punggung hingga kepala dicondongkan ke depan. Dalam posisi ini, badan sebenarnya membentuk lekukan 90 derajat. Setelah ditekuk kemudian berdiri kembali, ulangi gerakan ini selama 1 menit.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 2 (Foto: Glamour)

Step 2

Gerakan ini disebut dengan move lunge. Renggangkan kedua kaki, kedua tangan diletakkan di depan dada dan kedua telapak tangan saling berhadapan tapi tak bersentuhan. Lalu mulai gerakan kaki kiri dan kanan secara bergantian melangkah lebih jauh ke samping, dengan posisi punggung atas hingga kepala agak dicondongkan ke depan dan pinggul didorong ke belakang. Ulangi gerakan ini secara bergantian selama 1 menit.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 3 (Foto: Glamour)

Step 3

Gerakan ketiga, triceps push-up, dilakukan dengan mengandalkan kekuatan otot tangan. Caranya, kedua lutut kaki dan kedua telapak tangan diletakkan di lantai atau matras, kemudian mulai gerakan push up dengan hanya menggerakan paha hingga dada ke atas dan ke bawah. Jangan sentuhkan pinggang dan dada ke lantai.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 4 (Foto: Glamour)

Step 4

Gerakan ini disebut plank up. Letakkan kedua lengan dan jari kaki ke lantai atau matras sebagai tumpuan. Kemudian angkat tubuh lebih tinggi dengan bertumpu pada telapak tangan saja. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama 1 menit.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 5 (Foto: Glamour)

Step 5

Gerakan kelima, Mountain Climber. Gerakan ini dimulai dengan posisi seperti siap ketika akan melakukan lomba lari. Namun, kedua telapak tangan dijadikan tumpuan ketika kedua kaki bergantian maju dan mundur ditarik ke belakang. Gerakan ini dilakukan secepat yang anda bisa selama satu menit.

 

Olah Raga Simpel untuk Perempuan Aktif

Step 6 (Foto: Glamour)

Step 6

Gerakan ice skater ini diawali dengan posisi berdiri dan siku membungkuk. Tarik kaki kanan ke samping belakang dan bertumpu pada kaki bagian depan. Kaki kiri berada di depan dengan bertumpu pada seluruh telapak kaki. Satu tangan diangkat berlawanan dengan posisi kaki yang berada di depan. Gerakan ini dilakukan berganti-gantian antara satu kaki dengan kaki lain dengan melompat secepat mungkin.