Segudang Manfaat Senam Anak [chatterblock]

Segudang Manfaat Senam Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Gerakan senam bukan sekadar mengasah keterampilan fisik tetapi juga berdampak positif pada psikologisnya.

Kepala pelatih klub senam anak Fast Gym, Sepri Haryadi menjelaskan, senam artistik juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai landasan penting dalam penguasaan teknik suatu cabang olahraga.

“Pengertian senam begitu luas cakupannya meliputi berbagai karakteristik geraknya,” ucapnya dalam keterangan tertulis di Jakarta beberapa waktu lalu.

Umumnya gerakan senam membentuk kekuatan, kelincahan, kelenturan dan kecepatan. namun, senam juga dapat berdampak pada tumbuhnya rasa percaya diri dan menghilangkan rasa takut.

Setidaknya ada 10 manfaat senam bagi anak, antara lain:
1. Memberikan kesenangan
2. Mengembangkan kekuatan daya tahan tubuh
3. Mengembangkan fleksibilitas
4. Mengembangkan koordinasi tubuh dan motorik
5. Belajar mendengar, memahami dan mengimplementasikan gerakan
6. mengembangkan rasa percaya diri, fokus, menstimulasi daya ingat dan konsentrasi
7. Menumbuhkan interaksi sosial
8. Mengembangkan kemampuan tenggang rasa
9. Mengajarkan meraih suatu tujuan atau prestasi
10. Mengenalkan anak mengenal cabang olahraga lain

 

Hal ini seperti yang diterapkan pada Fast Gym. Anak-anak diperkenalkan senam dengan cara menyenangkan. Mereka dilatih agar lebih disiplin, atraktif dan percaya diri saat tampil maupun bersosialisasi.

Segudang Manfaat Senam Anak

“Fast Gym juga menyalurkan anak pada kejuaraan kompetisi antar klub nasional dan internasional,” sambung mantan atlet nasional senam artistik putra ini.

Salah satunya partisipasi dalam kejuaraan senam The Bangkok Gymnastic (Moose Game) Invitational Meet 2018 pada 31 Maret 2018.

“Bebagai kejuaraan ini bertujuan menampilkan bakat anak dan menyalurkan energi positif mereka,” pungkasnya.