BEI: Likuiditas Perdagangan Capai Rp6,3T per Hari

PinkKorset.com, Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan likuiditas perdagangan 2013 mencapai Rp6,3 triliun per hari.

Kenaikan ini cukup signifikan, dibandingkan likuiditas pada 2012 yang hanya Rp4,5 triliun per hari.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito mengatakan, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam investasi di pasar modal merupakan kontributor utama peningkatan likuiditas perdagangan di pasar modal ini.

“Kegairahan investor untuk bertransaksi yang terus meningkat serta jumlah investor yang juga bertambah. Artinya partisipasi masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal terus meningkat,” kata Ito di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Menurutnya, yang lebih membahagiakan, peningkatan terbesar jumlah partisipasi masyarakat sebagai investor tersebut, justru berasal dari domestik. Ia pun berharap, ketergantungan terhadap asing dapat berkurang dan indeks harga saham tanah air dapat lebih resisten terhadap gejolak ekonomi di luar negeri.

“Yang banyak masuk baru itu terutama investor domestik. Porsinya sekarang 60% domestik dan 40% asing, dalam perdagangan harian lebih banyak domestik. Tapi kepemilikan memang masih didominasi asing, kepemilikan asingnya masih 64%,” ujarnya.

Ito juga sangat mengapresiasi perkembangan pasar modal Indonesia. Selain mencatatkan rekor terbaru jumlah emiten baru selama 12 tahun, “Emiten yang melantai hari ini adalah emiten ke 31 yang dicatatkan tahun ini. Rekor baru sejak tahun 2001,”katanya.