Inilah Pecahan Baru 100 Dolar AS Bank sentral AS terbitkan pecahan baru 100 dolar

Inilah Pecahan Baru 100 Dolar AS

PinkKorset.com, Washington — Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve menerbitkan pecahan baru 100 dolar AS, yang terdiri dari beberapa fitur keamanan baru.  Seperti apa?

Pada lembaran baru mata uang AS ini, kesan tradisional masih nampak. Terlihat gambar salah satu pendiri bangsa Amerika Benjamin Franklin, ditambah potongan naskah deklarasi kemerdekaan  pada satu sisi, dan gambar Philadelphia Independence Hall di sisi sebaliknya.

Sementara sebuah pita pengaman biru melintasi bagian tengah uang kertas secara vertikal, tepat pada bagian gambar lonceng dan angka 100. Jika uang digerakkan, maka gambar lonceng dan tulisan nominal 100 akan bergerak ke kiri-kanan atau atas-bawah. Selain itu, angka 100 di pojok kanan bawah bergeser dari tembaga menjadi hijau.

Pecahan baru ini diterbitkan pada Senin (7/10/2013) waktu setempat, dan akan resmi beredar pada 8 Oktober 2013.

The Fed mencetak 2,5 miliar dolar AS dalam pecahan 100 dolar. Adapun ongkos produksi lembaran baru ini lebih mahal 4 sen ketimbang sebelumnya. Untuk sosialisasi, bank sentral AS mengeluarkan US$9,5 juta dolar tahun ini untuk penyuluhan warga terhadap mata uang baru ini.

Dalam 10 tahun terakhir, AS telah memperbarui beberapa mata uangnya. Seperti pecahan 5 dolar, 10 dolar, 20 dolar, 50 dan 100 dolar. Hanya pecahan 1 dolar yang belum pernah melakukan perubahan hingga kini.