2016, GM Luncurkan Mobil Tanpa Supir [forbes]

2016, GM Luncurkan Mobil Tanpa Supir

PinkKorset.com – General Motors Co (GM) akan mobil tanpa supir, dengan sistem berkendara otomatis pada 2016.

Rencana tersebut bertujuan meningkatkan persaingan di antara produsen otomotif dunia. Yakni untuk memproduksi mobil yang mampu berjalan sendiri tanpa bantuan tenaga manusia sebagai pengemudi.

Untuk menghindari tabrakan, kendaraan ini nantinya juga dilengkapi sistem komunikasi antar-kendaraan yang disokong Wi-Fi.

GM pun menawarkan sistem ‘super cruise’ yang memungkinkan pengguna mengendalikan mobil tanpa harus meletakkan tangan di atas setir. Namun sistem ini hanya bisa berfungsi di jalan bebas hambatan dengan marka jalan yang layak.

Menurut GM, sistem super cruise tersebut masih mewajibkan pengemudi tetap fokus dan siap mengambil alih kendali kendaraan. Mereka juga menekankan bahwa fitur mengemudi “terotomatisasi” ini berbeda dengan mobil “tanpa kemudi” yang terotomatisasi penuh buatan raksasa Silicon Valley, Google Inc.

GM berencana mulai memasang sistem komunikasi antar-kendaraan pada 2016. Sistem ini akan ditanamkan ke dalam sedan model Cadillac CTS 2017 dan berpotensi menjadi sistem komunikasi antar-kendaraan pertama di pasar Amerika Utara.

Petinggi GM menolak menyebutkan harga fitur super cruise ini. Namun, paket opsional fitur bantuan pengemudi yang saat ini dijual untuk model Cadillac dibanderol US$3.000.

Direktur Teknologi GM, Jon Lauckner menyatakan, pihaknya terus maju dengan langkah-langkah evolusioner. “Jika kami dapat mencapai tujuan, yakni mobil yang tidak lagi tabrakan, ini akan menjadi manfaat besar bagi masyarakat. Kami tidak perlu menunggu mobil tanpa kemudi untuk melakukan semua itu.”