8 Hal Persiapan Mobil Sebelum Mudik [afewshortcuts]
Lebaran 2017

8 Hal Persiapan Mobil Sebelum Mudik

PinkKorset.com – Perjalanan jauh pulang kampung menggunakan mobil memerlukan persiapan khusus agar aman dan nyaman berkendara.

Selain menjaga stamina tubuh Anda, mobil pun perlu dipersiapkan dalam kondisi prima agar perjalanan mudik nyaman. Selain itu, memastikan mobil dalam kondisi layak jalan juga menurunkan risiko kecelakaan.

Ada delapan hal yang perlu Anda cek pada mobil Anda sebelum melakukan perjalanan mudik.

Cek mesin

Lakukan pemeriksaan bagian penting mesin seperti minyak rem, minyak power steering, oli mesin dan oli transmisi. Anda cukup melakukan tune up mesin standar jika mobil cukup prima menempuh jarak jauh. Bila ingin meningkatkan tenaga motor dapat meminta mekanik menyetel karburator dengan mengganti spuyer, setel klep dan main jet. Anda juga perlu mengganti ring piston yang telah aus dan busi.

Air radiator

Kuras radiator dan ganti dengan air baru. Bila perlu menambah cairan pendingin radiator.

Rem dan kaki

Periksa komponen kaki-kai mobil, meliputi pelek, rantai, gir, ban dan bearing roda. Bersihkan kampas rem dan pastikan masih layak pakai.

Ban

Ganti ban bila terlihat retak maupun gundul. Kondisi ini membahayakan Anda karena daya cengkram ban terhadap jalan menurun dan berpotensi pecah.

Lampu dan klakson

Lampu utama, lampu sein dan klakson sangat penting. Selain sebagai penerang, ketiga komponen ini berguna sebagai isyarat kemudi Anda. Periksa sistem listriknya, terutama sambungan kabel, kabel dan bohlamnya.

Wiper

Ganti karet wiper yang getas (kering dan pecah). Wiper yang baik akan membersihkan kaca depan dan memperjelas pandangan. Cek pula tangki air wiper.

Cek kelengkapan mobil

Jangan lupa untuk membawa SIM, STNK, peralatan dan perlengkapan untuk mengganti ban maupun service. Sediakan pula kotak P3K dan segitiga pengaman.

Interior mobil

Tak hanya memerhatikan eksterior mobil, bagian dalam mobil pun perlu diperiksa agar mudik terasa nyaman. Misalnya memastikan kabin, jok dan karpet bersih. Untuk membersihkan jok berbahan kain bisa menggunakan sikat biasa, sedangkan jok kulit menggunakan lap plas chamois atau sering dikenal dengan Kanebo.

Pastikan seluruh bagian tersebut Anda periksa sehingga perjalanan mudik Anda dan keluarga aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Selamat mudik!