Alibaba Catatkan IPO Terbesar Dalam Sejarah Wall Street [moneycnn]

Alibaba Catatkan IPO Terbesar Dalam Sejarah Wall Street

PinkKorset.com, New York – Perusahaan e-commerce raksasa Tiongkok, Alibaba mencatatkan penawaran saham perdana (IPO) terbesar sepanjang sejarah Wall Street, mencapai US$ 25 miliar.

Sahamnya dibuka di US$ 92,7 per lembar dari harga penawaran US$ 68 per lembar. Tak lama sahamnya langsung naik ke titik tertinggi di US$ 99,7 per lembar sebelum akhirnya ditutup di US$ 93,89 per lembar, melonjak 38% daru harga penawaran.

Sebanyak 271 juta lembar saham berkode bursa BABA diperdagangkan, lebih tinggi dari jumlah saham beredar Twitter waktu IPO, meskipun di bawah General Motors Co dan Facebook Inc.

Para investor tampaknya  optimistis atas pertumbuhan bisnis Alibaba. Hal ini didukung peningkatan kelas menengah dan aksi perusahaan yang berhasil memperluas jangkauan bisnisnya di sejumlah negara.

Uang yang berhasil diraup Alibaba dalam aksi korporasi ini sebesar US$ 21,8 miliar. Penjamin emisi alias underwriter kemudian memakai opsi untuk mengeluarkan tambahan 48 juta lembar saham sehingga total dana yang diraup mencapai US$ 25 miliar.