Amerika Mulai ‘Daylight Saving Time’ Foto: WikiPedia

Amerika Mulai ‘Daylight Saving Time’

PinkKorset.com – Jika Anda memiliki keluarga atau berkepentingan bisnis dengan Amerika Serikat (AS), jangan lupa menyesuaikan jam.

Ini disebabkan karena AS memulai Daylight Saving Time (DST) pada Minggu (9/3/2014) pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Artinya, mereka memajukan waktu selama sejam.

Ketika DST diterapkan, otomatis waktu dalam sehari akan dipangkas selama sejam. Pagi datang lebih lambat dan ketika sore hari akan terang lebih lama. Lalu mengapa ada DST?

Ide DST modern pertama disampaikan pada 1895 oleh George Vernon Hudson. Jerman dan Austria-Hungaria adalah yang pertama mengimplementasikannya pada 30 April 1916.

Tadinya, DST bertujuan untuk mengatur penggunaan listrik karena waktu sehari-hari disesuaikan dengan saat gelap dan terang. Banyak negara kemudian menggunakannya, terutama sejak krisis energi pada 1970-an.

Di Amerika, DST berarti memajukan sejam ketika musim semi, biasanya sekitar Maret. Kemudian mengembalikannya atau memundurkan sejam pada musim gugur, sekitar November.

DST tidak berguna di negara tropis seperti Indonesia. Sebab waktu gelap dan terang rata-rata 12 jam setiap hari sepanjang tahun.

(Keterangan foto: Biru, negara yang menggunakan DST. Merah, negara yang tak pernah menggunakan DST. Oranye, negara yang tak lagi menggunakan DST).