Bukan Microsoft yang Memperkaya Bill Gates [google]

Bukan Microsoft yang Memperkaya Bill Gates

PinkKorset.com, New York – Microsoft memang pernah memperkaya Bill Gates. Namun, sebenarnya ada sumber lain yang mendongkrak pundi-pundi hartanya.

Menurut Forbes, Bill Gates saat ini memiliki kekayaan hampir US$ 82 miliar. Angka ini menempatkannya dalam posisi kedua orang terkaya dunia, setelah miliarder asal Meksiko Carlos Slim dengan total kekayaan US$ 85,4 miliar.

Sementara menurut Bloomberg, Bill Gates masih merupakan miliarder terkaya dunia jumlah kekayaan sekitar US$ 86,5 miliar. Dari investasinya, pendiri Microsoft ini dalam enam bulan terakhir berhasil menambah total harta sekitar US$ 6 miliar.

Namun, pemasukan itu bukan berasal dari Microsoft. Seperti diketahui, saat Microsoft melepas saham perdananya ke publik pada 1986, Bill Gates memiliki 45% saham atau satu miliar saham. Namun sejak 1994, ia telah melepas sebagian besar sahamnya senilai US$ 40 miliar, sehingga posisi kepemilikannya di Microsoft kini tidak lebih dari 300 juta lembar saham.

Lalu, dari mana kekayaannya bertambah?

Ternyata ada sebuah perusahaan investasi swasta yang mengelola sebagian besar modalnya. Seperti saham di Canadian National Railway, AutoNation Inc., Berkshire Hathaway, dan Republic Services Inc. Bill Gates juga memiliki saham bernilai signifikan di Deere & Co, Liberty Global, dan Waste Management.

Bill juga memiliki sejumlah saham properti kelas atas, seperti Charles Hotel di Cambridge, lalu Ritz Carlton di San Francisco, Four Seasons Holding dan arena balap kuda seluas 490 hektar.

Perusahaan yang bernama Cascade tersebut tak perlu melaporkan pendapatannya karena memang tidak diharuskan.