Chairul Tanjung Resmi Jadi Menko Perekonomian [tempo]

Chairul Tanjung Resmi Jadi Menko Perekonomian

PinkKorset.com, Jakarta – Chairul Tanjung resmi ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Chairul Tanjung diangkat jadi Menko Perekonomian karena memiliki kecakapan, kemampuan dan komitmen untuk mendorong pembangunan di Tanah Air.

“Dalam dua tahun ini, Pak Chairul Tanjung bukan orang lain dalam kabinet. Kapasitasnya selama ini menjadi Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN),” kata Presiden SBY dalam konferensi pers di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Keputusan SBY untuk menunjuk bos media Trans Corps ini muncul, setelah Hatta Rajasa mengundurkan diri untuk maju bersama Prabowo Subianto, mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilu 9 Juli mendatang.

Menurut SBY, Chairul, yang biasa disapa CT ini telah banyak memberikan kontribusi dan kerap memberikan pandangan-pandangan untuk mengatasi ekonomi.

Laki-laki kelahiran Jakarta 16 Juni 1962 ini  bahkan juga ikut dalam menyusun Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi (MP3EI).

“KEN tidak hanya diisi orang akademik, tapi di sana banyak praktisi. Saya lihat Pak Chairul bisa memadukan keduanya meskipun beliau bukan policy maker,” ujar SBY.

SBY menyebutkan pernah mengajak Chairul Tanjung untuk masuk kursi kabinet sejak 2004 lalu. Namun kerap ditolak dengan alasan ingin berfokus di dunia usaha.

“Pak Chairul tahu saya butuh bantuan karena tantangan ekonomi global. Kali ini beliau mau dan dengan sisa waktu enam bulan ini saya meminta agar segera bekerja, tidak perlu orientasi, dan saya kira memang tidak perlu,”katanya.

Chairul Tanjung sendiri mengaku menerima pinangan dalam jajaran kabinet karena ingin membantu SBY dalam menangani masalah-masalah ekonomi.  “Saya bersedia karena dalam lima bulan kedepan orang sudah bicara capres-cawapres, akibatnya tidak fokus masalah ekonomi. Padahal tantangan ekonomi banyak,” ujarnya.

Menurut dia, dengan kondisi tantangan ekonomi yang cukup berat baik dari global maupun domestik saat ini, harus didorong akan penyelesaian masalah ekonomi tetap berjalan dengan baik.

Agar lebih fokus dalam lima bulan kedepan, Chairul akan segera bekerja setelah pelantikan pada Senin pekan depan, dengan menggelar rapat dengan para menteri ekonomi.

“Buat saya ini amanah. Dengan mengucapkan bismillah, saya akan emban jabatan ini mulai Senin depan,” katanya.