Ingat! Garam Penyebab Sakit Kepala [foodnavigator]

Ingat! Garam Penyebab Sakit Kepala

PinkKorset.com – Musim liburan biasanya berarti makan besar. Namun ingat, hindari garam agar tidak sering sakit kepala.

Semua tahu, terlalu banyak garam bisa menyebabkan sakit kepala juga salah satu penyebab naiknya tekanan darah. Jika Anda masih belum juga yakin, berikut hasil sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan British Medical Journal Open, 390 individu sehat melakukan diet versi barat atau Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Mereka hanya mengkonsumsi buah, sayuran, dan makanan mengandung susu yang minim.

Para relawan dinilai selama periode 30 hari dan menjawab pertanyaan mengenai frekuensi sakit kepala. Yakni pertanyaan mengenai suplemen diet pada periode pertama, kadar garam pada periode kedua, dan tingkat garam rendah pada periode ketiga.

Hasil studi menunjukkan, individu yang menikmati makanan berkadar garam tinggi, delapan gram per hari, sepertiganya lebih sering sakit kepala dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan berkadar garam rendah, sekitar empat gram per hari.

Lebih jauh, para peneliti melakukukan observasi guna memisahkan relawan yang mengikuti standar diet barat atau diet DASH.

“Hasil ini sangat berharga karena sebelumnya tidak ada kaitan yang erat antara tipe diet dan sakit kepala,” tulis para peneliti. Para peneliti juga menekankan, masyarakat sebaiknya lebih cepat menyadari konsumsi garam di setiap makanan.

Data American Heart Association (AHA) menunjukkan, sebagian besar masyarakat (AS) mengonsumsi 3.400 mg garam perhari, lebih banyak dua kali dibandingkan saran ahli gizi, yaitu 1.500 mg sodium per hari.