Jakarta, Bisnis Pemukiman Mewah ‘Terpanas’ Foto: picstopin

Jakarta, Bisnis Pemukiman Mewah ‘Terpanas’

PinkKorset.com, Jakarta – Jakarta dinilai sebagai kota paling menguntungkan sedunia untuk bisnis pemukiman mewah.

Menurut perusahaan broker perumahan Knight Frank Prime Global Cities Index, kenaikan harga real estat premium di Jakarta dalam dua tahun mengalahkan perumahan mewah di 30 kota lain di dunia, yang diriset Knight Frank.

Adapun “real estat premium” didefinisikan sebagai rumah dengan nilai jual dalam rentang lima persen tertinggi.

Menurut Liam Bailey, kepala riset pemukiman global Knight Frank, faktor penyebab pesatnya kenaikan harga rumah mewah di Jakarta adalah pasokan yang sangat terbatas dan tingginya permintaan.

“Meskipun ekonomi Indonesia, mungkin tidak sekuat dua tahun lalu,” ujarnya seperti dikutip The Wall Street Journal, Selasa (12/2/2014).

Posisi Jakarta di urutan teratas Knight Frank ini adalah kedua kalinya dalam dua tahun.

Pada akhir 2013, harga rumah mewah di Jakarta naik 37,7%, beda tipis dengan kenaikan pada 2012 yang mencapai 38%.

Kenaikan harga rumah mewah di Jakarta dua kali lebih tinggi dibanding Dublin yang berada di posisi kedua (17,5%) dan Beijing (17,1%) di posisi ketiga. Sedangkan Dubai (17%) dan Los Angeles (14%) menempati peringkat 4 dan 5 masing-masing.

Di sisi lain, harga properti di Singapura dan Hongkong, yang sempat menjadi pasar properti terpanas Asia, mulai melemah. Upaya pemerintah setempat, seperti pajak penjualan yang lebih tinggi, berhasil membatasi spekulasi dan pembelian oleh asing.
Paa 2013, harga pasar pemukiman mewah di Singapura turun 0,8% dan Hongkong melorot 2,2%. Sedangkan pemukiman mewah di pusat keuangan global New York berada di ranking 9 (10,4%) dan London di peringkat 12 (7,5%).