KidsFFest Tinggalkan Bioskop dan Ciptakan Black Box di Mal [PinkKorset/Merida]

KidsFFest Tinggalkan Bioskop dan Ciptakan Black Box di Mal

PinkKorset.com, Jakarta – Ada yang beda dari gelaran KidFFest tahun ini, yang digelar pada 12-15 Juni lalu. Jika sebelumnya di bioskop, kali ini di tengah area sebuah mal di Jakarta Selatan.

Di tahun keenamnya, KidsFFest memutuskan ‘hijrah’ dari teater bioskop ke black box teater di main atrium Senayan City. Meski terlihat lebih sederhana dan menampung jumlah penonton yang lebih sedikit, keputusan memindahkan lokasi KidsFFest ini diakui manajemen Kalyana Shira Foundation terjadi akibat semakin berkurangnya jumlah sponsor yang terlibat bersama mereka.

Kesulitan ini diakui Nia Dinata, sutradara sekaligus founder dari KidsFFest dan Kalyana Shira Foundation yang terjadi karena kebanyakan pihak sponsor memiliki kepentingan berbeda dari tujuan acara ini.

“Pihak sponsor kan kebanyakan maunya jualan, buka booth untuk berjualan, padahal izin kita disini hanya untuk KidsFFest bukan untuk bazaar. KidsFFest saat ini diberikan tempat gratis dari pihak Senayan City, bisa-bisa nanti jadi nggak gratis,” ujarnya saat ditemui, belum lama ini.

Tak hanya kesulitan mendapatkan sponsor, Nia juga menceritakan kesulitannya dalam memilih film-film yang ditayangkan dalam teater KidsFFest.

“Pemilik hak ciptanya yang paling mengerti KidsFFest karena sebenarnya kita pengen beberapa film dari beberapa negara yang pengen aku masukkin tapi nggak bisa karena produser dan distributornya bilang kita harus bayar sekian ribu euro. Kita punya keterbatasan dana, kita nggak bisa bayar lebih dari 500 euro per film,” kisahnya.

Meski memiliki banyak ujian, Nia pribadi mengaku keinginannya saat membuat KidsFFest beberapa tahun lalu tak hanya sekedar memberikan alternatif tontonan bagi anak-anak yang menghibur dan mengedukasi tapi juga mengajak mereka berkeliling dunia hanya melalui media film.

“Kalau secara umum aku pengen ngajak anak-anak untuk berkeliling dunia tanpa naik pesawat dan menghabiskan banyak uang, tapi justru mereka dapat melihat banyak sekali dari film berbagai dunia ini, satu hari nonton film dari Chili, dari Jepang, dari India, itu tujuan yang ingin dicapai,” ucap sutradara yang populer berkat film Arisan! Beberapa tahun lalu.

Biaya menonton film di teater KidsFFest juga sangat terjangkau karena Anda hanya diminta untuk menyumbangkan donasi minimal Rp10 ribu per orang. Sedangkan untuk komunitas anak jalanan, tiket menonton di teater KidsFFest dibebaskan dari biaya.

Selain menonton film, Anak-anak juga mengikuti berbagai kegiatan seperti worksop menulis dan akting yang diadakan di stage sekitar black box teater tersebut.