Konser SATU Indonesia Majukan Tanah Air [antaranews]

Konser SATU Indonesia Majukan Tanah Air

PinkKorset.com, Jakarta – Melalui konser SATU Indonesia pada Rabu (26/11/2014) lalu, Astra International mengajak muda-mudi Indonesia satukan semangat untuk maju.

Konser yang digelar PT Astra International Tbk dan bekerjasama dengan Dyandra Promosindo ini merupakan bentuk kepedulian akan kemajuan Indonesia.

Tujuan utamanya, mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk bangkit dan maju menuju Indonesia yang lebih baik.

Salah satu fokus konser ini adalah mengajak para pemuda untuk terus berkarya di bidang apapun demi kemajuan Indonesia, termasuk di bidang musik.

Salah satu ikon musik Indonesia yang memiliki sederet karya terbaik adalah Guruh Soekarno Putra atau dikenal dengan inisialnya, GSP.

Sejak 1970-an, ia konsisten menciptakan karya musik yang kental dengan nuansa Indonesia yang mengangkat kekaguman sekaligus kegelisahannya terhadap Indonesia, serta semangatnya positifnya untuk Indonesia.

Karya-karyanya menjadi inspirasi bagi banyak kalangan. Sebagai penghormatan kepada Guruh Soekarno Putra, Astra International menggelar Konser SATU Indonesia dengan tema “Salute to Guruh Soekarno Putra”.

Konser SATU Indonesia menghadirkan 25 karya terbaik Guruh Soekarno Putra yang diaransemen Erwin Gutawa. Seluruh karya tersebut akan dibawakan oleh para penyanyi papan atas Indonesia.

Diantaranya Raisa, Tulus, Nowela, Judika, Superman Is Dead, Overtunes, RAN serta sebuah penampilan istimewa dari Di Atas Rata–Rata (DARR), sebuah proyek pencarian bakat yang digagas oleh Erwin Gutawa dan Gita Gutawa.

Untuk melengkapi kemegahan konser SATU Indonesia, konser ini juga melibatkan penata artistik ternama Indonesia, Jay Subiakto.

Konser SATU Indonesia dibagi menjadi lima segmen yang menggambarkan perjalanan karya GSP. Kelima segmen itu segmen lagu bertema Indonesia, segmen lagu festival, segmen lagu Guruh Gipsy, segmen lagu hit, dan segmen karya cipta GSP.

SATU Indonesia merupakan singkatan dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU), sebuah inisiatif yang memberikan penghargaan kepadap para pemuda yang memiliki kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui berbagai karya.

Karya tersebut di beberapa bidang seperti pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, kesehatan serta teknologi. Penghargaan yang diberikan dikenal dengan SATU Indonesia Awards .

Setiap tahun tercatat ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengirimkan karya mereka untuk mengikuti proses seleksi. Tahun ini, jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards tercatat 1.833 orang, naik 14% dari tahun lalu yang 1.606 orang.

Terpilih lima pemenang dari ribuan peserta. Masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan bimbingan pendidikan.