Reuni dan Kolaborasi, Semua Ada di SynchFest 2018 [trenz-indonesia]

Reuni dan Kolaborasi, Semua Ada di SynchFest 2018

Sebanyak 118 musisi lokal akan tampil di enam panggung selama tiga hari, tiga malam untuk meramaikan Synchronize Festival 2018 yang akan digelar pada 5-7 Oktober 2018 ini.

Event yang bertempat di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta ini adalah festival musik populer multi-genre yang setiap pelaksanaannya selalu menarik perhatian dan menjadi bahasan para penggemarnya. Terutama tahun ini, Sync Fest, demikian acara ini lebih dikenal, akan menjadi ajang reuni hingga kolaborasi musisi dan komunitas seni di Tanah Air.

Siapa saja yang meramaikan Sync Fest? Diantaranya adalah band legendaris 1990-an, Dewa19, yang akan menampilkan dua vokalis dari dua dekade yang berbeda, Ari Lasso dan Once Mekel. Mereka akan meramaikan hari terakhir Sync Fest. Ini adalah momen yang jarang terjadi, ketika dua mantan vokalis berkolaborasi di atas panggung.

“Ini momen yang langka. Sudah lama sekali Dewa19 ingin melakukan reuni dengan dua vokalisnya. Momen ini monumental untuk saya dan tentunya para Baladewa,” papar Ari Lasso yang menggawangi Dewa19 pada periode 1991-1999. Apa yang disampaikan Ari Lasso langsung disetujui Once Mekel, vokalis Dewa19 periode 1999-2010.

“Pastinya ini momen yang sangat ditunggu pecinta lagu-lagu Dewa19. Saya hampir tidak pernah tampil bersama Dewa sejak 2010. Semoga lancar dan berkesan untuk semua,” paparnya. Selain Ari Lasso dan Once, turut tampil bersama Dewa19 untuk SyncFest 2018 adalah Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Yuke Sampurna, dan Agung Yudha.

Lalu siapa lagi yang akan meramaikan festival yang digelar Dyandra Promosindo dan Demajors ini?

Reuni dan Kolaborasi, Semua Ada di SynchFest 2018

Konferensi Pers Sync Fest, Selasa (25/09/2018) [Dyandra Promosindo]

Terdapat total 118 musisi yang akan memeriahkan enam panggung Sync Fest 2018 selama tiga hari, tiga malam. Diantaranya adalah Padi Reborn, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP), Jiung, hingga kembalinya Raja Dandung Rhoma Irama dan Soneta Group. Belum lagi highlight harian berikut ini.

Jumat, 5 Oktober 2018
Jangan lewatkan Daramuda Project, kolaborasi dari Danilla Riyadi, Rara Sekar, dan Sandrayati Fay. SRXBS, kolaborasi antara Stars and Rabiit dengan Bottlesmoker. Fiersa Besari, penyanyi, pencipta lagu, sekaligus penulis puisi dari Bandung. Dipha Barus. Hingga penampilan PayungTeduh dengan album barunya.

Sabtu, 6 Oktober 2018
Ada penampilan istimewa dari Sheila on 7, Project Pop, The Panasdalam Bank, Seringai, dan Jason Ranti. Kemudian NDX AKA, yakni grup hip-hop-dut fenomenal asal Desa Imogoro. Sisitipsi, sekstet pop-swing yang tengah mengilap namanya di kancah musik lokal.

Minggu, 7 Oktober 2018
Selain Dewa19 feat. Ari Lasso dan Once Mekel, serta suguhan dari Padi Reborn, ada pula Nasida Ria, yaitu kelompok qasidah legendaris asal Semarang. Lalu, Endah N Rhesa Extended yang merupakan kolaborasi antara Endah dan Rhesa bersama Classmate Journal dan Beda. Dari era 1980-an, Candra Darusman & Friends akan menyuguhkan lagu-lagu dari album tribute Detik Waktu. Manumata, grup hip-hop cilik dari Maluku akan ikut menggoyang panggung. Selain penampilan dari Javabass Sound System, pionir kolektif musik drum dan basis lokal.