MasterCard Segera Perkenalkan Kartu dengan Pemindai Jari [google]

MasterCard Segera Perkenalkan Kartu dengan Pemindai Jari

PinkKorset.com – Kode PIN baru diterapkan secara meluas bagi pengguna kartu kredit di Indonesia tahun depan. Namun, teknologi sebenarnya sudah berkembang, yakni menggunakan sidik jari.

MasterCard bekerja sama dengan perusahaan biometrik Zwipe akan menawarkan kartu kredit pertama di dunia dengan penggunaan sidik jari untuk mengkonfirmasi pembayaran pada 2015.

“Tantangan kita adalah untuk memastikan teknologi menawarkan keamanan yang solid, kemudahan penggunaan dan kenyamanan bagi pelanggan,” ujar Ajay Bhalla, Presiden Enterprise Security Solutions MasterCard dalam rilis baru-baru ini.

Kartu generasi baru ini akan mencakup sensor biometrik, data sidik jari pemegang kartu dan aplikasi contactless MasterCard.

Kartu ini diaktifkan dengan menekan ibu jari pemegang ke pemindai atau scan. Lalu, sensor akan mengidentifikasi sidik jari pengguna dalam hitungan detik, membandingkan dengan data yang tersimpan dalam memori kartu. Prosedur ini membuat pembayaran contactless aman dan cepat.

Sidik jari tidak akan lagi disimpan dalam database eksternal, seperti kartu bank biasa. Informasi akan disimpan pada kartu itu sendiri. Selain itu, konfirmasi biometrik akan membatasi jumlah uang yang ditransaksikan.

Sebuah kartu prototipe telah didemonstrasikan di London akhir pekan kemarin dan telah menjalani uji di Sparebanken DIN Bank Norwegia.

Sampel ini lebih tebal dari kartu plastik standar karena adanya baterai yang memberi tenaga untuk sensor sidik jari terintegrasi tersebut. Namun, perusahaan berencana membuat kartu dengan format dan ukuran yang sama seperti kartu standar dan mengoptimalkan manfaat kartu untuk membuat transaksi di setiap terminal pembayaran.

Para desainer berencana membuat kartu tanpa baterai dalam kartu biometrik baru. Mereka mengatakan perangkat akan “mengambil energi” dari terminal pembayaran contactless, sehingga cukup menggesek kartu untuk mengisi ulang.

Zwipe dan MasterCard bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan sistem pembayaran contactless. Apple Pay juuga akan memungkinkan pemilik IPhone 6, 6plus dan 5S untuk melakukan pembayaran non-kontak yang menghubungkan pembayaran dengan kartu yang dikeluarkan oleh kebanyakan bank AS melalui MasterCard untuk ponsel mereka.