Muhammad dan Nur, Nama Populer Untuk Bayi di Inggris [google]

Muhammad dan Nur, Nama Populer Untuk Bayi di Inggris

PinkKorset.com, London Nama-nama dari bahasa Arab tampaknya sedang populer di Inggris, dengan Muhammad dan Nur menjadi pilihan terbanyak untuk bayi yang baru lahir.

Situs BabyCentre mengungkapkan, nama-nama yang berasal dari bahasa Arab  tengah mengalami peningkatan popularitas di Inggris.

Situs ini merilis daftar 100 nama bayi paling populer sepanjang 2014, berdasarkan nama-nama yang dipakai oleh 56.157 anggota BabyCentre.co.uk yang melahirkan tahun ini.

Untuk bayi laki-laki, Muhammad menjadi nama yang paling banyak dipilih. Meskipun ada berbagai variasi dengan pelbagai ejaan, seperti Muhammad, Mohammed dan Mohammad. Popularitasnya menyebabkan nama Muhammad menempati puncak daftar, atau naik 27 tingkat dari posisi tahun lalu.

Selain nama Muhammad, data ini juga menunjukkan penggunaan pada nama-nama seperti Omar, Ali, dan Ibrahim.

Lonjakan penamaan Arab juga terjadi pada bayi perempuan, dengan nama Nur menempati peringkat ke-29 dan Maryam naik 59 tingkat ke posisi 35.

Sarah Redshaw, managing editor BabyCentre mengatakan, “Dengan meningkatnya nama Arab, peringkat ini menunjukkan keragaman yang semakin meningkat di Inggris.”

Meskipun Sophia tercatat sebagai nama terbanyak yang diberikan kepada bayi perempuan di Inggris, lompatan terbesar dalam daftar nama bayi perempuan ditorehkan oleh Maryam. Dengan nama-nama baru lain yang langsung melejit adalah Nur, Emilia, dan Gracie.

Sedangkan untuk bayi lelaki, Teddy adalah nama dengan lompatan terbesar, dengan nama baru yang langsung melesat adalah Kian dan Jonathan.

nama-bayi

 

Nama anggota kerajaan dan selebritas 

Bila nama Arab mengalami peningkatan popularitas. Hal berbeda justru terjadi pada nama anggota kerajaan Inggris.

Inspirasi dari nama-nama  seperti Harry dan William terlihat menurun pamornya. Demikian pula nama George, anak dari pasangan William – Kate Middleton, tergelincir dari 10 besar ke urutan 13.

Menurut Sarah, saat ini orang tua di Inggris banyak dipengaruhi nama yang dipilihkan selebriti untuk anaknya. Misalkan saja Eric, nama yang diberikan Simon Cowell kepada anaknya, mengalami peningkatan popularitas hingga 314%.

Demikian juga Romeo dan Cruz, nama anak pasangan David Beckham – Victoria Beckham ini masing-masing naik 67% dan 400%. Sementara Harper adalah entri baru dalam daftar top 100.

Selebritas lain yang menginspirasi adalah penyanyi Ariana Grande, dengan nama Ariana masuk nama top 100 anak perempuan untuk pertama kalinya.

Pemeran serial televisi ‘Game Of Thrones’ Emilia Clarke juga menginspirasi, dengan entri baru Emilia di nomor 53. Kemudian nama Piper naik 267%, berkat serial televisi ‘Orange Is The New Black’. Demikian pula popularitas nama Skyle, Jesse dan Walter dengan adanya serial ‘Breaking Bad’.

Namun, lanjut Sarah, “Orang tua tetap waspada nama yang berhubungan dengan selebriti berperilaku buruk, seperti penyanyi pop kontroversial Miley Cyrus.”

 

Nama dari era70-an 

Sementara nama-nama populer dari era 1970-an tampaknya juga muncul lagi, seperti Emma, Sarah dan Maria yang masing-masing menempati posisi 10, 32 dan 12 berturut-turut.

Demikian juga nama  Angela, Joanne, Claire dan Karen yang berhasil masuk daftar top 100.

Di sisi lain, ada beberapa nama yang tidak biasa muncul tahun ini, termasuk Wren, London, Genisis, Biru, Hendrix, Braxton dan Apollo.