Pascaoperasi, Kondisi Bos Samsung Stabil Foto: google

Pascaoperasi, Kondisi Bos Samsung Stabil

PinkKorset.com, Seoul – Chairman Samsung Electronics Company, Lee Kun Hee, saat ini dalam kondisi stabil, setelah menjalani operasi akibat serangan jantung.

Lee dioperasi Sabtu (10/5/2014)  pagi di Samsung Medical Center setelah dirawat di Soonchunhyang University Hospital, sehari sebelumnya, akibat serangan jantung (myocardial infarction).

Laki-laki berusia 72 tahun tersebut menderita kanker paru pada 2000 dan dirawat akibat pilek pada Agustus lalu. Namun, ia harus dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kesulitan bernapas pada 10 Mei sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Namun, juru bicara Samsung Group, Rhee So Eui, mengatakan kondisi bos Samsung ini saat ini stabil. Demikian dilansir laman Bloomberg, Minggu (11/5/2014).

Sejak mengambil alih kepemimpinan perusahaan yang berbasis di Suwon, Korea Selatan pada 1987, Lee berhasil membangunnya menjadi raksasa teknologi terbesar di Asia serta raja “ponsel pintar”, televisi dan chip memori dunia.

Sejak ia menggantikan sang ayah Lee Byung Chull, pendiri perusahaan tersebut, harga saham Samsung Electronics melonjak sekitar 137 kali. Penjualan Samsung Electronics pada 2013 pun mencapai 228,7 triliun won, menjadikannya pabrikan elektronik terbesar dunia berdasarkan pendapatan.

Lee juga memimpin Samsung Group, yang memiliki lebih dari 70 perusahaan afiliasi secara global, termasuk bisnis elektronik.

Lee mulai mengubah perusahaan pada 1993 ketika dia mengumpulkan karyawan di Jerman untuk memperkenalkan rencananya. Pada tahun itu, Lee mulai melakukan perombakan Samsung Electronics setelah menyaksikan sendiri produknya tidak laku di sebuah toko elektronik di Los Angeles.

Pada 2005, Lee Kun Hee masuk dalam daftar World’s 100 Most Influential People yang dirilis Time Magazine. Sementara berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, ia diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$11 miliar.

Pada 2012, ia menunjuk putranya, Lee Jae Yong, sebagai vice chairman, dan putrinya, Lee Boo Jin, sebagai presiden dari perusahaan afiliasi Samsung, Hotel Shilla Company.