Segera Ganti Password Gmail Anda! [federalist]

Segera Ganti Password Gmail Anda!

PinkKorset.com – Saatnya mengganti password Gmail Anda. Sudah menggantinya? Ganti lagi.

Ini karena sekitar lima juta username dan password Gmail bocor di forum internet Rusia. Sekitar 100 ribuan username dan password atau kurang dari 2% sudah ditayangkan di forum tersebut, menurut Spam & Abuse Team di Google.

Banyak diantaranya sudah lama dan tidak cocok, misalnya username Gmail tapi password-nya untuk Facebook. Tapi jangan khawatir. Sebab jika Gmail Anda termasuk diantaranya, Google akan memberi tahu.

“Perlu diketahui, ini bukan pembobolan sistem Google. Biasanya, ini diambil dari kombinasi berbagai sumber lainnya,” demikian postingan blog Spam & Abuse Team di situs pencari tersebut.

Kemungkinan besar, peretas (hacker) memperoleh username dan password itu dari situs lain. Jika Anda menggunakan username dan password yang sama di Gmail sebagaimana di situs yang diretas, maka email Anda jadi korbannya.

Sangat penting Anda tidak mengulang atau menggunakan password yang sama!

Ada link yang tersebar atas nama IsLeaked.com yang mengklaim Anda bisa mencari tahu apakah Gmail Anda diretas atau tidak. JANGAN LAKUKAN ITU! Jangan buka situs itu karena username Anda akan dicuri.

Jika Anda ragu, tak ada salahnya ambil langkah pencegahan dengan mengganti password Gmail.