Toilet Langka Dijadikan Peninggalan Bersejarah [bbc]

Toilet Langka Dijadikan Peninggalan Bersejarah

PinkKorset.com, London – Bangunan toilet umum peninggalan zaman Ratu Victoria telah didaftarkan sebagai peninggalan sejarah yang harus dilindungi.

Inggris ternyata sudah memikirkan sanitasi umum sejak abad ke-19.

Pada tahun 1880-an, sebuah perusahaan ornamen baja W. MacFarlane membangun toilet umum yang terbuat dari besi.

Bangunan toilet khusus untuk buang air kecil tersebut kini berdiri di dekat sebuah taman di Jalan Whiteladies, Clifton, Inggris.

Dewan Kota Bristol mengatakan bangunan bercat hijau itu tetap terawat sangat baik serta masih dihargai dan digunakan hingga sekarang.

Namun, bangunan langka ini terancam dibongkar seiring program penghematan yang dilakukan pemerintah.

Yayasan cagar budaya Inggris, English Heritage pun akan segera merekomendasikan kepada kementerian terkait Inggris untuk memasukkannya dalam Daftar warisan nasional Inggris.

Juru bicara English Heritage mengatakan, bangunan ini merupakan elemen bersejarah di tempat umum yang sangat rentan dari kerusakan. Sehingga perlu dipertimbangkan untuk dilindungi dari kerusakan.

Menurutnya, toilet umum ini merupakan contoh hidup dari bangunan untuk kepentingan umum yang langka dan mewakili aspirasi masyarakat dari pihak berwenang di pinggiran kota Bristol pada akhir zaman Victoria.

“Bangunan toilet yang memiliki struktur bersahabat ini menjadi berarti sebagai ‘ikon penting’ kota tersebut.”

Dua bangunan toilet umum yang mirip di kawasan Horfiled Common dan Mina Road Park, Bristol, juga telah masuk dalam daftar bangunan cagar budaya yang dilindungi.

sumber: bbc