Usai Antrean Panjang, Pertamina Berhasil Berhemat [goog;le]

Usai Antrean Panjang, Pertamina Berhasil Berhemat

PinkKorset.com, Jakarta –PT Pertamina (Persero) mengklaim berhasil menghemat jatah BBM subsidi nasional sebanyak 5-7%. 

Hal ini terjadi, setelah SPBU di beberapa daerah mengalami antrean kendaraan yang cukup panjang.

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Muhammad Iskandar menuturkan, pengkitiran (pemangkasan jatah BBM) yang dilakukan pada 18-26 Agustus bertujuan agar kuota BBM subsidi bisa hemat 5-7% per hari.

“Setelah pengkitiran dari 18 Agustus dan berakhir tadi malam, sudah berhasil hemat sesuai target yakni 5-7% per hari,” katanya di Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Menurutnya, konsumsi premium normalnya tiap hari mencapai 81.571 kilo liter (KL) sedangkan solar mencapai 44.784 KL per hari. Dengan konsumsi sebesar itu, jatah BBM subsidi tidak akan cukup sampai akhir tahun.

Oleh karena itu, Pertamina mengambil langkah pemangkasan jatah BBM subsidi. Dari pemangkasan tersebut Pertamina dapat mengurangi konsumsi BBM subsidi lebih rendah dari kondisi normal.

“Premium konsumsinya menjadi 75.897 KL, atau hemat 5.674 KL per hari. Sementara solar menjadi 38.805 KL atau dapat hemat 5.979 KL per hari,” tutur Iskandar.

Ia pun berharap ketersediaan BBM bersubsidi bisa terjaga sampai akhir tahun. Pasalnya, konsumsi premium sudah turun 5% dan solar turun 13% saat pengkitiran, “Perkiraan kami jatah BBM subsidi akan cukup sampai 31 Desember 2014,” ujarnya.