12 Makanan Ini Aman Bagi Penderita Diabetes [abyhungary]

12 Makanan Ini Aman Bagi Penderita Diabetes

PinkKorset.com – Semua makanan rendah gula sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Apa saja, ya?

Bagi pengidap diabetes, makanan manis pantang dikonsumsi. Tapi bukan berarti tak bisa menyantap makanan lezat. Banyak pilihan hidangan rendah gula, namun tetap nikmat di lidah. Meski begitu, tetap bijak mengatur jumlah asupan makanan, seperti berikut ini.

Pistachio

Sejak 2003, Food and Drug Administration (FDA) menyatakan pistachio bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung. Kacang ini cocok untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, cukup mengonsumsi 42,5 gram per hari saja.

Kacang Utuh

Jenis kacang apapun akan lebih baik dikonsumsi bersama kulit arinya. Jumlah serat, tinggi protein dan lemak baiknya baik untuk mencukupi nutrisi penderita diabetes.

Donat Kayu Manis

Jangan ragu makan donat bertabur bubuk kayu manis. Penelitian menunjukan mengonsumsi 1 sendok teh bubuk kayu manis setiap hari dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan merangsang peningkatan hormon insulin.

Semangka

Buah bulat berair ini memiliki indeks glikemik tinggi. Semangka dapat mengenyangkan lebih lama sehingga baik untuk diabetes.

Kismis

Segenggam kismis dapat menjaga gula darah tetap stabil. Buah kering ini menjadi salah satu bahan makanan rendah gula terbaik bagi penderita diabetes.

Nanas

Asam dan manis segar menjadi cirri buah tropis ini. Buah bermahkota ini termasuk dalam daftar buah rendah gula yang baik untuk diabetes. Nanas banyak mengandung senyawa anti virus, anti inflamasi dan anti bakteri.

Madu

Ganti gula pasir dengan madu, akan lebih baik untuk diabetes. Perlu diingat bagaimanapun, berlebihan tetap tak baik.

Delima

Untuk meningkatkan kadar gula darah secara aman, delima dapat dijadikan pilihan karena rendah gula dan juga diperkaya antioksidan.

Almond

Almond cocok dikonsumsi penderita diabetes karena mampu mengontrol kenaikan gula darah dan tingkat insulin setelah setiap makan. Kacang ini juga nikmat dijadikan susu, tapi jangan ditambah gula pasir.

Kiwi

Buah dengan kulit bulu ini cocok untuk penderita diabetes. Kandungan vitamin C yag tinggi menambah daya tahan tubuh. Konsumsi satu buah per hari bagus untuk menjaga gula darah.

Jeruk

Selain kiwi, jeruk juga kaya vitamin C. Kandungan gula di bawah rata-rata gula pasir ini aman dikonsumsi penderita diabetes.

Gelatin

Bahan makanan menyerupai agar-agar ini berasal dari hewani. Gelatin rupanya aman dikonsumsi untuk diabetes. Tambahkan gelatin di resep makanan penutup anda untuk memberikan sensasi manis yang berbeda.