Anak Sekolah Butuh Istirahat Lebih Lama [independent]

Anak Sekolah Butuh Istirahat Lebih Lama

PinkKorset.com – Selain waktu belajar yang cukup, anak-anak usia sekolah juga membutuhkan istirahat lebih lama ketimbang orang dewasa.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian. Durasi makan siang yang lebih lama saat istirahat sekolah akan membantu pelajar untuk makan makananan yang lebih sehat dibandingkan waktu rehat makan siang kurang dari 20 menit.

Penelitian membuktikan, rehat makan siang sebaiknya berlangsung selama 25 menit. Durasi rehat makan siang ini dinilai cukup untuk menghabiskan seluruh makanan anak di sekolah.

Ini disampaikan oleh penulis sekaligus ketua tim peneliti Juliana Cohen, yang juga merupakan asisten professor di Harvard T. H. Chan School of Public Health, di Boston, Amerika Serikat (AS).

“Banyak anak, khususnya dari keluarga ekonomi menengah ke bawah, mengandalkan makanan sekolah hingga setengah asupan energi harian mereka. Sangat penting memberikan siswa waktu yang cukup untuk makan siang mereka.”

Setiap hari, lebih dari 30 juta siswa di AS menerima makanan gratis atau murah karena Program Makan siang Sekolah Nasional. Para peneliti dimaksudkan untuk melihat dampak dari makan siang pada siswa pada asupan makanan.

Para peneliti menganalisa 1.001 siswa di enam sekolah dasar dan menengah di beberapa sekolah di Massachusetts. Periode makan siang siswa berkisar antara 20-30 menit di sekolah yang berbeda.

Hasil penelitian juga menunjukkan, siswa dengan istirahat makan siang kurang dari 20 menit mengonsumsi 13% lebih sedikit makanan pembuka, 12% kurang sayuran, 10% lebih sedikit susu ketimbang yang memiliki setidaknya 25 menit untuk makan.