Anda Pelupa? Coba Olahraga Setiap Hari [yahoo]

Anda Pelupa? Coba Olahraga Setiap Hari

PinkKorset.com – Apakah Anda termasuk orang yang pelupa? Bila ya, cobalah olahraga setiap hari.

Sebuah studi yang dilakukan Center for the Neurobiology of Learning Memory, UC Irvine, AS  menemukan bahwa olahraga setiap hari bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Riset dilakukan terhadap 54 orang dewasa, yang sebagian mengalami penurunan daya ingat dan sebagian lagi tidak.

Seluruh responden diminta untuk mengamati serangkaian gambar. Lalu, setengah partisipan diminta menaiki sebuah sepeda stasioner selama 6 menit, sedangkan sebagian lainnya tidak.

Satu jam kemudian partisipan diminta memaparkan seberapa banyak gambar yang bisa mereka ingat.

Hasilnya, partisipan yang menaiki sepeda menunjukkan peningkatan daya ingat yang luar biasa.

Ketua tim peneliti Sabrina Segal mengakui, sebelumnya memang ada beberapa studi yang mengaitkan antara olahraga dengan peningkatan performa kognitif.

Namun, dalam studi ini ditemukan adanya efek peningkatan memori yang signifikan, baik pada partisipan yang daya ingatnya bagus maupun tidak.

Penyebabnya adalah norepinephrine, senyawa kimia di dalam otak yang memainkan peranan penting dalam pembentukan daya ingat. Aktivitas olahraga ternyata mampu memicu pelepasan senyawa tersebut.

Hal ini dipastikan setelah peneliti mengambil sampel air liur partisipan sebanyak tiga kali, yakni di awal riset, setelah partisipan mengamati gambar dan segera setelah melakukan olahraga atau ketika jeda.

”Kadar salivary alpha amylase, sebuah penanda biologis yang menunjukkan aktivitas norepinephrine di dalam otak pun mengalami lonjakan secara signifikan pada partisipan yang menaiki sepeda.