Anne Avantie Angkat Tragedi Klewer di IFW 2015

PinkKorset.com, Jakarta – Duka Anne Avantie terhadap tragedi kebakaran Pasar Klewer, Solo pada Desember 2014 lalu, dituangkan dalam karya terbarunya.

Bertajuk Pasar Klewer Riwajatmoe Kini,  Anne menampilkan busana kebaya yang dipadukan dengan sisa-sisa kain batik yang terbakar dalam gelaran Indonesia Fashion Week 2015 di Jakarta Convention Center, Minggu (1/3/2015).

Lirihnya suara sinden yang diiringi tarian Jawa yang dibawakan model senior Desi Mulasari, membawa pengunjung hanyut dalam suasana pilu.

Anne menyatukan sisa-sisa kain batik yang terbakar menjadi perca, kemudian ditempelkan pada kain tile. Kain yang semula memiliki potongan, bentuk, dan ukuran berbeda pun disulap menjadi busana nan mewah, unik, serta elegan.

Dominasi warna hitam, cokelat tua dan merah sengaja dipilih untuk mengingatkan suasana asap, api dan hangus terbakar. Sedangkan busana kebaya dengan beragam potongan feminim, merefleksikan kenangan dan harapan akan kembalinya Pasar Klewer yang merupakan pasar tekstil beromzet terbesar di Asia Tenggara tersebut.