Anne Avantie Sediakan Lapak Dagang Online [PinkKorset]

Anne Avantie Sediakan Lapak Dagang Online

PinkKorset.com, Jakarta – Desainer kebaya papan atas ini tergugah memberdayakan pelaku UKM melalui penjualan di mall dunia maya.

Hampir tiga dasawarsa Anne Avantie berkiprah di dunia seni dan budaya melalui sentuhan fesyen kebaya. Menandai perjalanan panjangnya, seniman perempuan ini tergugah membantu pelaku UKM melalui www.anneavantiemall.com. Situs ini adalah marketplace atau lapak dagang online berkonsep national heritage.

Aksinya ini berdasarkan keprihatinannya terhadap permasalahan UKM, seperti pemasaran produk, keterbatasan modal maupun masalah teknis lainnya. Ia pun mengaku banyak mendengar keluhan pelaku UKM mengenai mahalnya biaya pameran maupun mendirikan gerai.

“Saya mengalami satu proses ketika saya bisa berdiri. Saya harus menunduk dan bisa mengangkat orang lain,” katanya saat peluncuran website Anne Avantie Mall di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Seluruh produk UKM yang dipasarkan di website ini bersifat budaya, meliputi busana, asesori, kerajinan tangan, alat musik tradisonal hingga kuliner Nusantara. Seluruh produk yang diperjualbelikan akan berada di bawah label merek Anne Avantie.

Ia memacu dan memberikan saran kepada pelaku UKM memproduksi produk lebih bernilai dan berkualitas. Inilah yang menjadi syarat utama pelaku UKM bermitra dengannya. “Ikutlah berproses bersama saya. Walaupun kenyataannya enggak mudah mengubah orang lain menerima masukan saya,” kata perempuan asal Semarang ini.

Anne mengaku sebenarnya ia sangat gaptek mengenai marketplace, khususnya dunia internet. Oleh karena itu, ia menggandeng Franz Budi Pranata sebagai co-founder Anne Avantie Mall.

Franz mengatakan, Anne Avantie Mall adalah marketplace national heritage pertama di dunia. Melalui marketplace ini produk-produk UKM akan dipasarkan secara luas. “Anne Avantie Mall tak hanya menjual secara B2C tetapi juga B2B dan pasar ekspor,” katanya.

Barang-barang tersebut dikelompokkan dalam lima kategori produk, antara lain produk UKM, UKM Plus, Ready To Wear Anne Avantie, Private Collection dan Celebrity Signature.

Franz menjelaskan, UKM Plus merupakan kategori produk hasil kerajinan UKM yang dimodifikasi dengan sentuhan karya Anne. Sementara Celebrity Signature adalah produk UKM pilihan yang disukai selebritas untuk dijual.

Hingga saat ini sudah ada 50 UKM bergabung di Anne Avantie Mall. Website ini dapat diakses sejak peluncuran. Hanya saya masih membutuhkan 1-2 bulan ke depan untuk melayani transaksi.

Anne Avantie Sediakan Lapak Dagang Online