‘Chappie’, Robot Cerdas dan Berperasaan [hitfix]

‘Chappie’, Robot Cerdas dan Berperasaan

PinkKorset.com – Seperti halnya manusia, robot ini punya perasaan. Bisa belajar dan dibentuk kepribadiannya, tergantung pengasuhnya. Lalu, apa jadinya kalau ia bergaul dengan penjahat?

Satu lagi film Amerika bergenre fiksi ilmiah yang dibalut komedi. Chappie disutradarai sineas berdarah Afrika Selatan-Kanada, Neill Blomkamp. Berkisah mengenai robot berbentuk manusia yang diprogram memiliki perasaan dan kemampuan belajar.

Chappie diinspirasi dari film pendek Neill Blomkamp berjudul Tetra Vaal yang dirilis 2004 lalu, mengenai sebuah robot uji coba yang dikerjakan ilmuwan cerdas, Deon Wilson (Dev Patel). Deon dikenal sebagai pencipta robot polisi untuk penjaga keamanan.

Satu ketika, Deon berhasil menciptakan program yang memungkinkan robot memiliki perasaan, kemampuan belajar dan bahkan alam bawah sadar seperti layaknya manusia. Ia mencuri salah satu robot usang dari tempatnya bekerja.

ketekunan Deon membuatnya sukses menciptakan robot sesuai keinginannya, ia beri nama Chappie (disuarakan Sharlto Copley). Meski memiliki kecerdasan buatan (artificial intelligence), tingkah Chappie seperti anak-anak.

Dalam perjalanan, Deon diculik para penjahat yang menginginkan robotnya untuk membantunya mencari uang. Di tempat penyekapan, Deon dipaksa membuat robot dengan program khusus itu.

Hidup di dunia ketika manusia was-was akan keberadaan robot cerdas, Chappie meniru semua hal yang diajarkan para penjahat dengan sangat cepat. Tapi ia menolak membunuh manusia karena sudah berjanji pada Deon.

Sukse Deon juga membuat iri Vincent Moore (Hugh Jackman), rekan sesama ilmuwan. Ia melakukan apa saja untuk menjatuhkan Deon. Termasuk, membunuh Chappie.

Sukseskah Moore? Dan bagaimana Chappie mengatasi ancaman tersebut dan menyelamatkan Deon?

Blomkamp cukup berpengalaman dengan film yang memiliki setting distopia, sebuah dunia di masa mendatang yang kadang tak layak huni dan memberlakukan hukum rimba. Ini terlihat dari karya sebelumnya seperti Elysium dan District 9.

Jika Anda penggemar film-film semacam ini, takkan kecewa dengan Chappie yang luwes. Selamat menyaksikan.

CHAPPIE

Sutradara: Neill Blomkamp

Produser: Simon Kinberg

Skenario: Neill Blomkamp, Terri Tachell

Pemeran: Sharlto Copley, Dev Patel, Hugh Jackman, Sigourney Weaver, Watkin Tudor Jones, Yolandi Visser, Jose Pablo Cantillo

Produksi: Media Rights Capital

Distribusi: Columbia Pictures