Empat Cara Hitung Konsumsi Gula Anda [jackie-fetter]

Empat Cara Hitung Konsumsi Gula Anda

PinkKorset.com – Badan kesehatan dunia (WHO) merilis sebuah panduan untuk membatasi konsumsi gula agar tak lebih dari 10% total kalori harian.

Membatasi konsumsi gula, tak termasuk gula pada buah-buahan dan sayuran, akan mengurangi potensi kelebihan berat badan, kerusakan gigi, dan masalah lainnya yang disebabkan kelebihan gula.

WHO bahkan menyarankan konsumsi gula di bawah 5% dari total asupan kalori harian agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Badan POM Amerika, FDA memperkirakan, konsumsi gula harian warga negaranya mencapai 16% dari total kalori. Lalu bagaimana cara mengatur konsumsi gula?

Ganti Hitungan Gram dengan Sachet

Lihatlah komposisi bahan makanan dan minuman yang Anda beli. Biasanya tertulis berapa gram gula yang terkandung di dalamnya. Ubah hitungan ini agar tak bingung. Satu sachet gula yang biasa tersedia di kafe atau restoran, biasanya empat gram gula. Satu sachet saja sudah cukup untuk segelas minuman Anda.

Temukan Gula yang Tersembunyi

Gula tak melulu berwarna putih. Banyak gula tersembunyi yang ada pada dressing salad, saus barbekyu yang digunakan untuk memanggang daging, yoghurt, roti, hingga sereal. Waspadalah karena gula-gula yang tersembunyi ini biasanya cukup tinggi.

Cek Kalori Gula

Ingatlah untuk menghitung kandungan gula makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk mempermudah hitungan itu, tambahan sachet gula yang sekitar satu sendok teh itu merupakan tambahan 16 kalori.

Asumsikan Anda mengonsumsi dua ribu kalori setiap hari. Maka, konsumsi gula tak boleh lebih dari 200 kalori per hari. Jika Anda sudah mengalami kelebihan berat badan, ada baiknya membatasi ketat tak boleh lebih dari seratus kalori gula per hari.