Ambisi Taklukkan Gunung Tertinggi [cityoffilms]

Ambisi Taklukkan Gunung Tertinggi

PinkKorset.com, Jakarta – Ini dia film mengenai perjuangan sekelompok pendaki menantang maut menaklukkan keperkasaan Gunung Everest.

Film garapan sutradara Baltasar Kormákur mengisahkan ekspedisi Everest yang dilakukan grup New Zealander yang dipimpin oleh adventure consultant, Rob Hall (Jason Clarke).

Perjalanan ini diikuti oleh delapan klien dari berbagai latar belakang pengalaman pendakian gunung dan profesi. Mereka diantaranya Beck Weathers (Josh Brolin), Doug Hansen (John Hawkes), Jon Krakauer (Michael Kelly), Yasuko Namba (Naoko Mori).

Mereka bertemu dengan grup lain, pimpinan Scott Fischer (Jake Gyllenhaal) di gunung Everest. Pendakian mengambil jalur South Col dan Southeast Ridge. Mendaki, memanjat dan melangkah melewati jurang terjal dan celah es dalam dilalui bertahap.

Semakin tinggi mendaki, oksigen semakin tipis khususnya di Death Zone. Semua pendaki dilengkapi tabung oksigen. Di ketinggian ribuan meter, maut bisa saja menyapa mereka seketika.

Istri Rob, Jan Arnold (Keira Knightley) tetap mendukung dan berdoa demi keselamatan suaminya. Walaupun begitu, kegelisahan dan kekhawatiran terhadap Rob tak terbendung, mengingat dirinya sedang mengandung anak pertama.

Begitu pula dengan Peach (Robin Wright), istri Beck yang selalu dirundung cemas menunggu kembali suaminya di rumah. Sayangnya, Everest kadang angkuh dan tak bersahabat. Kala itu, mereka dihadang badai besar.

Salju putih dan langit cerah seketika menjadi gelap saat badai tiba. Jilatan kilat menari-nari di langit, angin kencang dan suara gemuruh menemani mereka di atas gunung. Sementara itu, persediaan oksigen yang mereka bawa menipis.

Sanggupkah mereka menginjakkan kaki di puncak Everest? Bagaimana mereka menghadapi rintangan demi rintangan?

Alur cerita yang ditampilkan sungguh kuat. Mengingat film ini diangkat dari kisah nyata tragedi Everest yang terjadi pada 10 Mei 1996.

Adapun penulis skenarionya, William Nicholson dan Simon Beaufoy, berpengalaman menggarap film-film aksi yang sarat emosi seperti Shadowlands (1993), Gladiator (2000), Unbroken (2014), dan Slumdog Millionaire (2008).

Sudut pengambilan gambar dari berbagai arah terlihat nyata. Apalagi, film drama biografi ini ditampilkan secara 3D. Hanya saja, cerita sebelum dan awal pendakian terasa membosankan.

Kisah tragedi ini sebenarnya sudah pernah difilmkan dengan judul Into Thin Air: Death on Everest (1997). Film dokumenter arahan sutradara Robert Markowitz ini diangkat berdasarkan novel salah satu saksi hidup, Jon Krakauer.

Perlu diketahui menggarap Everest ini tak mudah. Sebanyak 16 porter suku Sherpa, Nepal, meninggal akibat bencana longsor salju saat syuting beberapa adegan sisa di Camp II, Gunung Everest.

Saksikan film menegangkan dan mengharukan ini mulai 16 September 2015 di bioskop-bioskop terdekat.

Everest

Sutradara: Baltasar Kormákur

Produser: Tim Bevan, Eric Fellner, Baltasar Kormákur, Nicky Kentish Barnes, Tyler Thompson, Brian Oliver

Skenario: William Nicholson, Simon Beaufoy

Pemeran: Jason Clarke, Josh Brolin, John Hawkes, Robin Wright, Emily Watson, Keira Knightley, Sam Worthington, Jake Gyllenhaal

Produksi: Cross Creek Pictures, Walden Media, Working Title Films, RVK Studios, Free State Pictures

Distribusi: Universal Pictures