Hal-Hal Yang Memperlambat Metabolisme [youbeauty]

Hal-Hal Yang Memperlambat Metabolisme

PinkKorset.com – Lambatnya metabolisme akan menaikan berat badan. Apalagi secara tidak sadar, beberapa hal yang merusak metabolisme, Anda sendiri yang menyebabkannya.

Banyak cara menghindari metabolisme lambat. Minum banyak air, olah raga, minum teh hijau dan mengurangi waktu duduk. Ada banyak kiat lebih dari sekadar pilihan tersebut.

Bahkan beberapa kekeliruan pola konsumsi dan gaya hidup ini justru menjadi faktor melambatnya metabolisme tubuh tanpa anda sadari.

Susu Bikin Gemuk?

Massa otot erat kaitannya dengan metabolisme. Menurut penelitian McMaster University, perempuan yang minum susu 3-7 porsi per hari justru kehilangan lebih banyak lemak dan banyak memperoleh massa otot ketimbang perempuan yang kurang minum susu.

Susu kaya protein whey dan kasein. Menurut pakar gizi Brian St. Pierre, RD, whey sangat baik untuk sintesis protein yang membangun massa otot. Sedangkan kasein menghentikan pemecahan protein dan mempertahankan bentuk ramping. Konsumsilah tiga porsi yogurt, susu atau keju per hari.

Naikkan Suhu Tubuh

Untuk membakar lemak tubuh, atur temperatur ruang sedingin mungkin. Orang yang tidur pada ruang bertemperatur 18 derajat Celsius selama dua bulan, jumlah jaringan lemak cokelat (brown adipose tissue) meningkat dua kali lipat.

Lemak ini justru membakar cadangan lemak lain (lemak putih). “Lemak cokelat menjadi lebih aktif pada temperatur dingin dan menjadikan kita tetap hangat,” kata Aaron Cypess, MD, ahli endokrinologi di NIH. Semakin aktif lemak cokelat, maka semakin banyak kalori yang dibakar sepanjang hari.

Belum ada penelitian lanjutan, berapa temperatur dingin yang optimal.

Pangkas Konsumsi Karbohidrat

Penelitian menunjukan, diet rendah karbohidrat menurunkan berat badan karena membakar lemak. Tapi bukan berarti berhenti konsumsi karbohidrat, terutama Anda yang rajin olah raga. Selama olah raga, otot memerlukan glikogen dari cadangan karbohidrat tubuh.

Bila jumlah karbohidrat kurang, tubuh kekurangan energi. Imbasnya, Anda hanya sedikit membakar kalori pada saat latihan maupun sesudahnya. Sebaiknya konsumsi satu porsi (satu tangkup) oatmeal, beras merah atau ubi jalar setiap kali makan.

Garam Laut VS Garam Dapur

Garam laut lebih enak ketimbang garam meja biasa. Tapi garam laut tidak memiliki yodium, unsur utama asupan kelenjar tiroid yang mengontrol metabolisme tubuh anda dan akibatnya yakni penyakit gondok. Sebaiknya kombinasikan ¼ sendok teh garam dapur dengan garam laut.

Olah Raga Malam

Olah raga di pagi maupun siang hari lebih baik ketimbang malam. Orang-orang yang terpapar sinar matahari pagi memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibandingkan mereka yang olah raga malam. Peneliti Northwestern University berspekulasi, sinar matahari membantu ritme sirkadian. Misal mengatur lamanya tidur, nafsu makan dan jumlah energi yang dibakar.