Heboh Soal Matematika Singapura [mothership.sg]

Heboh Soal Matematika Singapura

PinkKorset.com – Albert, Bernard, dan Cheryl mendadak terkenal setelah sebuah soal matematika di Singapura memusingkan netizen.

Pertanyaan mengenai logika ini memang membingungkan jika dibaca. Apalagi, pertanyaan itu diajukan pada Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO) yang digelar pada 8 April 2015 lalu.

Disebutkan Albert dan Bernard yang baru berkenalan dengan Cheryl serta ingin mengetahui tanggal lahir gadis itu. Cheryl memberi 10 tanggal dan meminta mereka menebaknya.

Seakan membuat hal semakin sulit, Cheryl memberi tahu Albert bulan lahirnya saja. Kemudian, memberi tahu tanggalnya saja kepada Bernard.

Albert kemudian berkata, ia tak tahu kapan ulang tahun Cheryl tapi ia tahu Bernard pasti juga tidak tahu. Bernard berkata, ia mulanya tak tahu kapan ulang tahun Cheryl tapi kini ia tahu.

Mendengar itu, Albert kemudian berkata ia kini juga tahu kapan Cheryl berulang tahun. Pertanyaannya, kapan ulang tahun Cheryl?

Dari berbagai sumber disebutkan, pertanyaan ini diajukan untuk siswa tingkat Secondary 3 dan 4. Belum jelas berapa usia anak-anak pada tingkat tersebut namun menurut berbagai sumber, kemungkinan setara SMP.

Menurut Direktur Eksekutif SASMO, Henry Ong, pertanyaan ke-24 dari 25 pertanyaan di Seksi 3 itu ditujukan untuk menyaring siswa-siswa yang lebih baik.

“SASMO mencari 40% siswa terbaik dan sebagian besar pertanyaannya berstandar tinggi,” kata Henry Ong.

Pertanyaan logika seperti ini memang umum di Olimpiade Matematika. Tahun ini, sebanyak 28 ribu siswa berkompetisi.

Mereka dari Singapura, Malaysia, Brunei, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, Tiongkok, Bulgaria, Uzbekistan, Mongolia dan United Kingdom.

Apakah Anda penasaran jawabnya? Dilansir dari situs mothership.sg, berikut jawabnya agar Anda bisa tidur nyenyak malam ini.

 

Begini terjemahannya.

Dari 10 tanggal, mulai 14-19, hanya 18 dan 19 yang terjadi satu kali. Jika hari lahir Cheryl 18 atau 19, maka Bernard akan langsung tahu karena ia diberi tahu harinya. Tapi mengapa Albert tahu bahwa Bernard tidak tahu?

Jika Cheryl memberi tahu Albert bulan lahirnya Mei atau Juni, maka ada kemungkinan ulang tahunnya 19 Mei atau 18 Juni. Artinya, Bernard kemungkinan tahu ulang tahun Cheryl. Faktanya, Albert tahu bahwa Bernard tidak tahu. Artinya, Cheryl memberi tahu Albert bahwa bulan lahirnya Juli atau Agustus.

Mulanya, Bernard tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl. Lalu mengapa ia mengaku tahu ketika Albert berkata sudah tahu?

Dari lima tanggal yang tersisa pada Juli dan Agustus dengan tanggal 15 hingga 17, hanya 14 yang berulang dua kali. Jika Cheryl memberi tahu Bernard hari lahirnya tanggal 14, maka Bernard sudah langsung tahu. Dengan Bernard berkata ia tahu, artinya hari lahir Cheryl bukan tanggal 14.

Maka kini tinggal tiga ulang tahun yakni 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Setelah Bernard berbicara, Albert akhirnya tahu kapan ulang tahun Cheryl. Jika Cheryl memberi tahu Albert bahwa bulan ulang tahunnya Agustus, maka Albert tak mungkin tahu karena tersisa dua tanggal di Agustus.

Maka jawabnya, ulang tahun Cheryl adalah 16 Juli. Duh Cheryl, pakai jual mahal segala.