Jangan Buang Kulit Pisang! [onegreenplanet]

Jangan Buang Kulit Pisang!

PinkKorset.com – Kita mengenalnya sebagai sisa. Tapi ternyata, kulit pisang juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kulit pisang, dalam humor, biasanya digunakan sebagai ‘ranjau’ jika ingin membuat seseorang terjatuh. Kita pun membuangnya setiap makan buah tersebut.

Padahal, ‘limbah’ makanan ini sudah sekian lama dikonsumsi orang India dan Karibia. Bukan hanya menyedapkan makanan, tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Ini serius. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah masukkan ke dalam smoothie harian bersama buah-buahan lainnya, lalu diblender.

Kulit pisang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, lutein, dan berbagai antioksidan termasuk vitamin B yang dibutuhkan untuk metabolisme.

Belum lagi kandungan seratnya yang lebih banyak ketimbang buah pisang sendiri. Secara keseluruhan, buah ini membuat Anda merasa lebih kenyang.

Hebatnya lagi, kulit pisang bisa menurunkan kolesterol. Pilih kulit yang berwarna hijau yang bagus untuk dimasak dan mengandung banyak probiotik.

Berbagai riset menunjukkan, probiotik ini esensial untuk menyeimbangkan tubuh terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Kulit pisang yang berwarna hijau juga karbohidrat yang bebas kalori dan bisa dicerna tubuh dan juga, dalam studi pada berbagai hewan, membakar lemak.

Pisang pisang terkenal mengandung potasium yang membuat olah raga Anda jadi fenomenal karena membantu membakar kalori. Tapi, 40% potasium itu di kulitnya!

Riset menunjukkan, kulit hijau itu mengandung banyak tryptophan, serotonin, dan dopamine. Konsumsi teratur akan baik untuk otak, menurut satu studi.

Adapun kulit yang berwarna kuning memang kandungan mikronutriennya tak sebanyak yang hijau. Tapi memiliki kualitas antikanker yang tak terdapat di kulit hijau.

Banyak terdapat artikel yang menyebutkan pisang sebagai buah untuk melawan berbagai penyakit.

Namun banyak yang lupa menyebutkan, manfaat kulitnya juga amat banyak. Kulit pisang matang bisa membantu produksi sel darah putih.

Bagaimana Cara Konsumsinya?

Sebenarnya, kulit pisang berwarna hijau dan kuning yang sudah matang bisa langsung dimakan. Tapi, saat digunakan untuk masakan, pengolahannya beda.

Kulit yang hijau biasanya lebih keras, teksturnya nampak seperti paprika hijau saat sudah ditumis. Rasanya cocok dengan sebagian besar bumbu.

Kulit yang kuning tak harus dimasak dan lebih terasa seperti buah pisangnya. Anda bisa gunakan untuk smoothies atau celupkan ke dalam teh.

Warna apapun yang Anda gunakan, usahakan membeli produk yang organik karena bebas residu pestisida. Jangan lupa bersihkan secara teliti dan menyeluruh.