Kangen Kota Solo? Ini ‘Obatnya’ [PinkKorset/Odessa]

Kangen Kota Solo? Ini ‘Obatnya’

PinkKorset.com, Jakarta – Anda merindukan Kota Solo? Atau belum begitu mengenalnya? Mal yang satu ini punya obatnya.

Di Ramadan 1436 Hijriah ini, La Piazza Summarecon Kelapa Gading digelar sebuah event yang 100% khas Kota Solo, yakni ‘Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer’. Ya, Anda bisa menikmati ngabuburit seperti di Pasar Klewer, Solo.

Anda pecinta kuliner akan sangat menikmatinya. Festival ini dibalut dengan nuansa dekorasi Jawa Tengah dengan menghadirkan replika gerbang Pasar Klewer. Mengapa Summarecon mendadak memilih tema ini?

[PinkKorset/Odessa]

[PinkKorset/Odessa]

“Kami tergerak memilih tema Pasar Klewer, bermula dari insiden kebakaran pada Desember lalu,” ujar Liliawati Rahardjo, Direktur Summarecon, mengenai event yang berlangsung hingga 5 Juli 2015 ini.

Tak sulit melakukannya. Sebab Summarecon sudah memiliki event tahunan Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) yang digelar setiap Mei dan bertujuan memelihara kekayaan budaya Indonesia.

Sebab itulah dalam kesempatan ini, kuliner bukanlah daya tarik satu-satunya. Anda juga bisa melihat dan mendapatkan beragam kain batik khas Solo dari 36 peserta Bazar Batik Pasar Klewer yang didatangkan langsung dari Solo.

“Dengan acara ini, kami berharap kita semua bisa lebih menghargai batik. UNESCO saja sudah mengakuinya sebagai world heritage (warisan dunia),” lanjutnya.

Kebetulan, Liliawati menambahkan, adanya momentum Ramadan yang cukup dekat dengan periode penyelenggaraan JFFF ini diharapkan akan memberikan keuntungan yang baik bagi usaha para pedagang Pasar Klewer.

Dan terciptalah event ‘Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer’. Besar harapan Liliawati untuk untuk memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai berbagai kualitas batik. “Butuh banyak program untuk melestarikan batik.”

Untuk melengkapi suasana khas Solo, sepuluh peserta kuliner Pasar Klewer juga khusus didatangkan dari Solo. Yakni Markobar, Srabi Solo Notosuman Ny. Handayani, Jamu Arum Sari, Pukis Telur Kampung Asli & Lekker Solo Sumber Rejeki.

Oleh-Oleh Khas Solo Ny. Handayani, Nasi Liwet & Ayam Goreng Kampung Solo Asli Ny. Lany, Selat Segar Galantin & Nasi Langgi Solo, Bakso Pak Min Penumping Solo, Dawet Bu Dermi Pasar Gede Solo, dan Soto Ayam Lek Sri Asli Solo.

Hiburan khas Jawa juga meramaikan event ini. Diantaranya Gamelan, Tari Bedoyo Kirono Ratih yang langsung dibawakan penari dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Keroncong oleh Sundari Soekotjo dan putrinya Intan Soekotjo.

Hadir juga Endah Laras pada 27 Juni dan 5 Juli 2015, pukul 19.00 WIB. ‘Ngenteni Buka Ning Pasar Klewer’ buka setiap hari pukul 16.00-23.00 WIB dan khusus Sabtu buka hingga pukul 24.00 WIB.

Adapun gelaran Bazar Batik Klewer dan Galeri Batik Eksklusif buka Senin-Jumat pukul 12.00-22.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 11.00-23.00 WIB. Semua event digelar di La Piazza Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara.