Kesadaran Kesehatan tak Sebanding Perilaku [thechart]

Kesadaran Kesehatan tak Sebanding Perilaku

PinkKorset.com, Jakarta – Kesadaran dan motivasi hidup sehat penduduk Indonesia tertinggi di Asia. Sayangnya, belum bisa mengubah perilaku menjadi sehat.

Sun Life Asia Health Index 2015 menunjukan, 29% penduduk Indonesia mengungkapkan menjadi sehat itu penting. Jumlah ini meningkat 44% di tahun lalu menjadi 73%. Angka ini tertinggi di Asia.

Penduduk Indonesia juga merasa paling positif di Asia terkait kesehatan fisik (80%) banding 65% di regional), tetapi mayoritas peduli kondisi pernapasan (29% banding 19% di regional).

Penelitian menunjukan, 93% dari 500 responden di Indonesia menempatkan kesehatan pribadi sebagai aspek penting. tapi, setiap 2 dari 5 orang Indonesia (40%) masuk dalam kategori tidak sehat (kategori Distracted dan Generation O)

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty mengatakan, ini adalah peningkatan pentingnya kesehatan untuk masyarakat Indonesia dibandingkan tahun lalu. Termasuk kesiapan mengatur diri memaksimalkan kesehatan pribadi.

“Tapi yang belum sepenuhnya bergeser yakni kesadaran gaya hidup yang lebih baik,” kata Elin Waty saat jumpa pers Sun Life Financial Indonesia Membantu Memerangi Diabetes Mellitus di Jakarta.

Hal ini selaras dengan hasil penelitian yang menyebutkan, 98 persen orang Indonesia tahu cara meningkatkan kesehatan dan 97 persen melakukan segalanya untuk kesehatan. Jumlah ini juga tertinggi di Asia.

Namun, lebih dari separuhnya (54%) mengalami masalah kesehatan, terutama kanker, jantung dan obesitas.