Kopi dan Cokelat tak Melulu Buruk [Pinkkorset]

Kopi dan Cokelat tak Melulu Buruk

PinkKorset.com – Sebuah penelitian yang dipublikasikan LA Times dan USA Today belum lama ini menyebutkan, kandungan kopi dan cokelat tak melulu buruk bagi kesehatan. Oh, ya?

Sudah banyak penelitian dan bukti yang menyatakan dark chocolate kaya manfaat bagi kesehatan. Lain halnya dengan kopi yang memiliki banyak pro-kontra seputar manfaatnya bagi kesehatan. Faktanya, kedua komoditas ini memiliki kandungan yang bermanfaat.

Dalam tersebut, dark chocolate dikatakan dapat menurunkan tekanan darah dan berfungsi mencegah beberapa bentuk penyakit kardiovaskular. Sebab di dalam usus, sebagian dari kakao diubah menjadi senyawa antiperadangan oleh mikroba.

Peneliti American Chemical Society (ACS) di Dallas menemukan hal tersebut. Selain itu, para peneliti juga menemukan, usus besar kita melakukan fermentasi serat dari bubuk kakao hingga 30%. Ini diungkapkan John Finley, peneliti yang profesor ilmu makanan dan biokimia Louisiana State University.

“Bubuk cokelat dapat membantu menghindari kegemukan dan konsumsi gula,” katanya. Salah satu caranya, dengan menambahkan dua sendok makan bubuk kakao pada satu mangkuk oatmeal ketika sarapan untuk mendapatkan manfaat dari bubuk kakao tersebut.

Adapun kopi yang sarat manfaat dan kerugian bagi kesehatan, tim peneliti dari Universitas Cornell berhasil menemukan manfaat baru dari kopi yakni mencegah penglihatan yang buruk.

Mengapa demikian? Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tertulis, kopi mengandung asam klorogenant, sebuah antioksidan yang terbukti membantu degenerasi retina. Chang Lee, penulis senior dari penelitian tersebut mengatakan bahwa kopi memiliki manfaat yang bisa kita rasakan.

“Kopi adalah minuman paling terkenal di dunia dan kita mengerti jika kita bisa mendapatkan manfaat dari itu,” ujarnya.