Menyelisik Masakan Gorontalo Paling Berempah [ink361]

Menyelisik Masakan Gorontalo Paling Berempah

PinkKorset.com, Jakarta – Tabu Moitomo menjadi makanan paling banyak mengandung rempah di Gorontalo. Seperti apa masakan ini?

Provinsi Gorontalo berlokasi di Pulau Sulawesi. Lokasi provinsi ke-32 Indonesia ini menjadi bagian dari Jalur Rempah (Jalur Sutra).

Adanya perdagangan rempah mempengaruhi kuliner Gorontalo yang sebagian besar bercitarasa pedas.

Ketua Omar Niode Foundation, Amanda Katili Niode mengatakan, masakan Gorontalo banyak memakai cabai sehingga pedas. Salah satu masakan Gorontalo paling berempah adalah Tabu Moitomo.

“Tabu Moitomo menggunakan 30 bahan masakan dengan berbagai rempah,” kata Amanda Katili Niode saat seminar Rempah Dalam Kuliner Nusantara di Jakarta, baru-baru ini.

Masakan yang dikenal dengan nama Kuah Bugis ini berisi daging sapi bagian iga maupun sengkel berkuah hitam dan bercitarasa pedas. Warna hitam bukan berasal dari keluak, melainkan kelapa parut sangrai.

“Kelapa disangrai sampai hitam. Makanya disebut kuah hitam atau Kuah Bugis,” kata Amanda.

Tabu Moitomo memiliki nilai sakral karena disajikan untuk upacara kelahiran sampai kematian seseorang. Masyarakat Gorontalo menyajikannya saat akikah, khitanan, pernikahan dan peringatan orang meninggal.

Sementara itu, cita rasa pedas Tabu Moitomo tidak terlepas dari filosofi masyarakat disana.

Menurut perempuan asal Gorontalo ini menjelaskan, cabai pedas dalam masakan melambangkan kejujuran.

“Kalau mereka menggunakan bahan-bahan sintetis berarti sudah tidak jujur lagi,” pungkas Amanda.

Menyelisik Masakan Gorontalo Paling Berempah