The Miniaturist, Novel Yang Memikat Seluruh Negeri [jessieburton]

The Miniaturist, Novel Yang Memikat Seluruh Negeri

PinkKorset.com, London – Meski baru pertama kali menulis novel, buah karyanya berhasil memikat khalayak, bahkan dinobatkan menjadi yang terbaik di seantero negeri.

Ia adalah Jessie Burton. Perempuan kelahiran London 1982 ini berhasil menyisihkan penulis berpengalaman seperti David Nicholls dan Karen Joy Fowler, dengan novelnya yang berjudul ‘The Miniaturist’.

Buku tersebut masuk dalam 10 pemenang dalam National Book Awards yang diumumkan November dan menjadi yang terbaik berdasarkan pilihan masyarakat umum untuk Specsavers Book of the Year.

Selain terpilih sebagai buku terbaik di Inggris sepanjang 2014, novel perdana Jessie ini juga terpilih sebagai Waterstones Book of the Year.

Jessie mengatakan telah ‘berhutang kepada khayalak umum untuk penghormatan ini.’

Ia mengaku bahwa karyanya tersebut telah mengubah hidupnya dan penghargaan menjadi ‘pelengkap yang indah’. “Selalu ada cerita yang ditulis dan orang ingin membacanya dan ketika mendekati akhir tahun, saya melihat hal ini sebagai berita yang menyentuh hati,”ujarnya.

Novel yang rilis pada 3 Juli 2014 ini berlatar kota Amsterdam di abad ke-17, dan mengisahkan seorang perempuan berusia 18 tahun bernama Nella Oortman. Ia tiba di kota tersebut untuk memulai hidup baru sebagai istri dari pedagang Johannes Brandt.

Tapi, hidup barunya berubah. Suaminya selalu meninggalkannya sendiri di Amsterdam bersama dengan adiknya yang jahat dan melarangnya keluar rumah.

Ketika Natal tiba, sang suami tiba-tiba menghadiahinya replika rumah berukuran mini dan mengundang seorang seniman untuk membuatnya.

Pengelola Specsavers Book of the Year mengatakan The Miniaturist ‘menang dengan selisih meyakinkan’ di atas novel-novel lain, seperti ‘We Are All Completely Beside Ourselves’ dari Karen Joy Fowler, dan ‘Us’ karya David Nicholls maupun ‘The Shock of the Fall’ oleh Nathan Filer.

Pemenang sebelumnya antara lain The Ocean at the End of the Lane dari Neil Gaiman (2013), Fifty Shades of Grey oleh EL James (2012), How To Be A Womandari Caitlin Moran (2011), dan One Day dari David Nicholls (2010).