Pengendara Go-Jek Latihan Dengan Pebalap Reli [instagram]

Pengendara Go-Jek Latihan Dengan Pebalap Reli

PinkKorset.com, Jakarta – Hari pertama program pelatihan keselamatan berkendara untuk pengendara Go-Jek sukses digelar.

Sebanyak 120 pengendara Go-Jek mengawali hari pertama program Go-Jek Street Smart  yang digelar PT Go-Jek Indonesia bekerja sama dengan Rifat Driver Labs (RDL) milik pebalap motorsport, Rifat Sungkar.

gojek-rifat-sungkar4

Dilaksanakan mulai Rabu (1/7/2015) di Lapangan Terbang, Pondok Cabe,  sekitar 6.000 pengendara Go-Jek akan dilatih secara bergilir.  Dengan 120 pengendara Go-Jek yang dilatih oleh 12 trainer setiap hari, maka program batch pertama ini diperkirakan bakal rampung dalam tiga bulan. gojek-rifat-sungkar

Menurut Rifat, program ini mengajarkan ilmu safety dan defensive riding bagi pengendara Go-Jek agar mereka mengalami perubahan skill dan attitude berlalulintas.

Di lapangan seluas 5.000 m2, para pengendara Go-Jek diberikan pelatihan berupa teori dan praktik. Pelatihan teori berupa penjelasan kesiapan dan keselamatan berkendara. Sedangkan dalam sesi praktik, pengendara akan diberikan skill awareness dan  commentary riding.

Khusus skill awareness terdapat tujuh modul yang dijalankan pengendara Go-Jek, yakni figure eight, slalom, loads balance, simulasi jalan rusak, pengereman,  staircase dan blind spot di jalan kecil.

Latar belakang trainer RDL yang melatih para pengendara Go-Jek,  sudah mumpuni. Beberapa diantaranya telah memiliki sertifikasi pelatihan berkendara dari Asutralia, BNSP Indonesia, pelatih motor cross hingga pembalab motor. “Tapi, kami bukan sekolah balap. Kami tidak melatih pengendara Go-Jek jadi pembalap,” ujar Rifat.

gojek-rifat-sungkar3

Keamanan berkendara memang menjadi syarat mutlak bagi pengendara Go-Jek karena menyangkut keselamatan sekaligus kenyamanan. Hal inilah yang mendasari  PT Go-Jek Indonesia melatih ribuan pengendara Go-Jek melalui Go-Jek Street Smart Program.

Nadiem Makarim, CEO PT Go-Jek Indonesia berharap, kegiatan ini dapat membentuk mindset masyarakat bahwa Go-Jek ini aman dan nyaman.

“Kami percaya, pelatihan ini akan meningkatkan kesiagaan para driver kami dalam mengontrol keselamatan diri, penumpang, barang dan keselamatan berkendara secara menyeluruh,” katanya dalam acara Peluncuran Go-Jek Street Smart Program di Jakarta, Selasa (30/6/2015) kemarin.