Pil Kontrasepsi Bisa Cegah Kanker Rahim? [stethnews]

Pil Kontrasepsi Bisa Cegah Kanker Rahim?

PinkKorset.com – Menggunakan pil kontrasepsi secara teratur dan dalam jangka waktu lama dapat mengurangi resiko kanker rahim. Benarkah demikian?

Hal tersebut diungkapkan peneliti di Inggris, Rabu (5/8/2015). Penelitian juga mengkalkulasi 400 ribu kasus kanker rahim yang berhasil dicegah dengan penggunaan pil kontrasepsi di beberapa negara maju dalam 50 tahun terakhir.

Termasuk diantaranya, 200 ribu potensi kasus kanker rahum dalam satu dekade terakhir. Riset mengungkap, pencegahan efektif melalui pil kontrasepsi dilakukan pada usia sekitar 20 tahun hingga akhir 50 tahun.

“Sebelumnya penelitian juga membuktikan bahwa pil kontrasepsi juga mencegah kanker ovarium,” ujar Profesor Valerie Beral, dari Universitas Oxford yang memimpin penelitian ini.

Studi ini dipublikasikan pada jurnal The Lancet Oncology. Beral bersama timnya mencatat data 27.276 perempuan dengan kanker endometrium (penebalan dinding rahim) di 36 lokasi studi.

Beberapa diantaranya di Amerika Utara, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika selatan. Ia mengumpulkan data efek pil kontrasepsi. Hasilnya, pengguna pil kontrasepsi berkurang risiko kanker endemetroumnya hingga seperempat kali, per lima tahun.

Di beberapa negara maju, pil kontrasepsi mengurangi resiko kanker endometrium per 10 tahun sebelum usia 75 tahun menjadi 2,3 hingga 1,3 kasus per 100 pengguna pil kontrasepsi.