Starbucks Beri Tunjangan Kuliah Bagi Karyawan [reuters]

Starbucks Beri Tunjangan Kuliah Bagi Karyawan

Pinkkorset.com– Ingin berkarier sambil kuliah? Coba cari perusahaan yang memberikan tunjangan pendidikan.

Starbucks Corp salah satunya. Perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat (AS) ini mengumumkan tunjungan terbaru untuk karyawannya, yakni program beasiswa Starbucks College Achievement Plan”.

Program yang bekerjasama dengan Universitas Arizona ini sebenarnya sudah dimulai sejak Juni 2014. Namun, beasiswa yang diberikan hanya bagi mahsiswa yang belajar di tahun ketiga dan semester akhir.

Keputusan tunjangan pendidikan dari Starbucks ini muncul ketika pasar kerja di AS menuntut perusahaan ritel raksasa, seperti McDonald’s dan Wal-Mart Stores menaikkan gaji per jam dan memperbaiki sistem tunjangan bagi karyawan terbaiknya.

Chief Executive Officer (CEO) Starbucks Howard Schultz mengatakan, Starbucks sudah menyiapkan dana US$250 juta untuk klaim uang kuliah karyawannya hingga rampung pendidikan S1.

“Fakta yang disayangkan adalah banyak warga Amerika yang tidak mampu lagi untuk belajar di bangku kuliah karena cacat dan mungkin kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan,” ujarnya, Senin (6/4/2015).

Starbucks akan mengganti uang kuliah karyawannya di setiap akhir semester.

Starbucks menargetkan akan ada ratusan karyawan Starbucks yang lulus S1 dari program ini di akhir 2016 dan memprediksi ada 25 ribu karyawannya yang lulus pada 2025.

Karyawan Starbucks bekerja 20 jam per pekan atau lebih. 80% dari seluruh tenaga kerja Starbucks yang berjumlah 140 ribu orang, memenuhi syarat untuk program ini.

Saat ini, sekitar 2.000 lebih karyawan Starbucks sudah mendaftar di program beasiswa ini.

Starbucks yang dikenal banyak memberikan tunjangan kepada karyawannya, seperti tunjungan kesehatan dan kebutuhan pokok menambahkan, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan membuka program beasiswa untuk pasca sarjana.